Kompas TV nasional berita utama

Era Disrupsi dan Perubahan Sangat Cepat, Jokowi Minta HMI Tidak Terpaku pada Kebesaran Masa Lalu

Kompas.tv - 17 Maret 2021, 11:20 WIB
era-disrupsi-dan-perubahan-sangat-cepat-jokowi-minta-hmi-tidak-terpaku-pada-kebesaran-masa-lalu
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam harlah ke-95 Nahdlatul Ulama. (Sumber: Dok @jokowi)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo meminta Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mampu mewujudkan cita-cita besar para pendirinya untuk menyelaraskan keIslaman dan keindonesiaan. Jokowi menilai semangat pembaharuan yang dimiliki HMI bisa memperkokoh persatuan bangsa di tengah keberagaman dan mampu menjadi pilar penyokong integrasi bangsa.

“Tantangan kita ke depan semakin besar. Kita tahu saat ini kita berada pada era disrupsi dengan perubahan yang sangat cepat, dan kita tidak boleh terpaku hanya pada kebesaran-kebesaran masa lalu,” kata Presiden Joko Widodo saat Peresmian Pembukaan Kongres XXXI Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Terima Kasih Perawat Indonesia, Tangguh Mengemban Amanah

“Kita harus terus mengasah kepekaan adaptif terhadap perubahan dan lincah terhadap perubahan, sigap mengambil keputusan dan cepat, dan cerdas dalam bertindak,” ujarnya.

Jokowi lebih lanjut menuturkan mengenal HMI sebagai organisasi yang banyak melahirkan tokoh umat dan pemimpin bangsa dengan berbagai latar belakang keilmuan dan keahlian. Dalam pesannya, Jokowi berharap HMI terus tumbuh bersama zaman.

“Harus adaptif dengan kebaharuan, tanggap menghadapi realitas-realitas baru dan menyesuaikan diri demgan derasnya arus disrupsi dan perubahan,” ujarnya Presiden Jokowi.

Baca Juga: Kritik Amien Rais ke Jokowi, dari  Presiden Tiga Periode sampai Tahlilan

“Bangun terus kolaborasi dalam berbagai agenda-agenda penting pembangunan bangsa, termasuk dalam berikhtiar mengatasi pandemi dan dampaknya, serta membantu masyarakat yang sedang berada dalam kesulitan, membangkitkan optimisme, membangkitkan harapan, agar bangsa kita segera pulih dan bangkit dari pandemic,” tambahnya.

Selain itu, Jokowi juga berharap HMI siap menjadi pelopor kemajuan yang akan mengantarkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang makin disegani, semakin maju, dan semakin Sejahtera.

“Saya percaya HMI bisa menjadi lokomotif kemajuan bangsa dan lebih aktif menyiapkan, melahirkan SDM unggul, mencetak dan melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang akan mengantar bangsa ini siap berkompetisi dalam era kiper kompetisi sekarang ini dan semakin maju menjadi pemenang dan yakin usaha sampai,” ujarnya.

Baca Juga: Aiptu Gede Putra Meninggal Saat Kawal Jokowi di Bali, Begini Kronologinya

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x