Kompas TV entertainment film

Penjelasan Mengapa Sinetron Ikatan Cinta Digandrungi Masyarakat, Sosiolog: Ada Ikatan Emosi

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 10:21 WIB
penjelasan-mengapa-sinetron-ikatan-cinta-digandrungi-masyarakat-sosiolog-ada-ikatan-emosi
Amanda Manopo dan Arya Saloka dalam sinetron Ikatan Cinta. (Sumber: Instagram/@layardrama_rcti)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV –Tayangan sinetron Ikatan Cinta yang banyak menjadi sorotan memunculkan berbagai tingkah menggelikan dari para penggemarnya.

Pada awal pemutarannya saja, mereka sampai berkerumun di lokasi syuting demi melihat langsung sang idola.

Di Seneng, Banyurejo, Magelang, Jawa Tengah pada Februari lalu, ibu-ibu penggemar berat sinetron Ikatan Cinta mengadakan syukuran. Acara mereka rupanya diadakan lantaran senang tokoh Aldebaran yang diperankan oleh Arya Saloka dan Andini (Amanda Manopo), tak jadi bercerai. 

Ada pula tindakan nekat dari penggemar berat sinetron Ikatan Cinta di satu desa bilangan Banyumas, Jawa Tengah. Mereka beramai-ramai mendatangi kepala desanya lantaran listrik padam menjelang acara dimulai. Penggemar mereka ini khawatir tak bisa menonton sinetron kesayangannya.

Baca Juga: Di Yogyakarta Bakal Ada Burjo Milik Arya Saloka Si Aldebaran di Ikatan Cinta, Cek Lokasinya

Mengapa reaksi penggemar sinetron Ikatan Cinta bisa sampai semacam itu?

Reaksi penggemar terhadap suatu acara hiburan itu dijelaskan oleh Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Drajat Tri Kartono dan pakar media Universitas Airlangga Rachmah Ida. 

Drajat menganggap keriuhan sinetron Ikatan Cinta ini masih dalam batas wajar. Euforia yang tinggi dari penggemar menandakan adanya ikatan emosi antara hiburan dan realitas sosial.

“Wajar saja, ini masyarakat betul-betul memiliki ikatan emosi antara hiburan yang dia amati dan realitas sosial empiris yang mereka hadapi," kata Drajat, dikutip dari Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Baca Juga: Fans Ikatan Cinta Patah Hati, "Mas Rendy" Ikbal Fauzi Akan Menikah

Drajat menyebutkan bahwa euforia serupa pernah terjadi pada penggemar Si Doel Anak Sekolahan, dimana sinetron tersebut berhasil membuat masyarakat terlibat secara emosional.

“Karena basis emosinya hanya emosi sesaat antara dia dan media,” papar Drajat.

Latar cerita diminati

Menurut Drajat, sinetron yang ada di Indonesia ini masih banyak yang memanfaatkan latar cerita dalam keluarga, seperti yang dilakukan Ikatan Cinta.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x