Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Mapepada Sucikan Hewan Kurban

Kompas.tv - 15 Maret 2021, 16:34 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Saudara , inilah prosesi upacara mapepada yang dilaksanakan di perempatan agung / catus pata kabupaten klungkung bali , jumat siang .

Upacara ini adalah sebuah proses penyucian hewan khurban , terdiri dari hewan berkaki empat berkaki dua dan binatang merayap seperti sapi , kerbau , kambing , babi , bebek ayam hingga penyu .

 

Panitia upacara , dewa ketut soma mengatakan , proses penyucian hewan ini dilakukan sebelum disembelih untuk diolah menjadi sarana upacara , untuk proses upacara tawur agung kesanga sabtu besok , rangkaian hari raya nyepi tahun baru saka 1943 . Upacara dipimpin atau dipuput oleh sang sulinggih , yang memberikan doa-doa hantaran agar keberadaan atau kelahiran kembali dari binatang yang dijadikan sarana upacara ini lebih baik lagi . Dalam prosesinya semua binatang dituntun mengelilingi perempatan agung sebanyak tiga kali arah jarum jam , yang disebut murwa daksina.

Upacara ini diikuti oleh segelintir masyarakat , utamanya yang akan melaksanakan upacara tersebut , dari desa dawan klungkung , yang tahun ini mendapat giliran untuk melaksanakan upacara di perempatan agung klungkung , bergiliran dengan desa-desa lainnya .

#tradisimepada #upacaraagamahindu #upacarahewankurban 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x