Kompas TV regional peristiwa

Ditemukan Saldal Jepit dan Dilihat Peziarah, Ini Fakta Hilangnya Jenazah Pasien Covid-19 di Parepare

Kompas.tv - 14 Maret 2021, 11:36 WIB
ditemukan-saldal-jepit-dan-dilihat-peziarah-ini-fakta-hilangnya-jenazah-pasien-covid-19-di-parepare
Ilustrasi pemakaman jenazah Covid-19 dengan para petugas dengan memakai APD lengkap di Rio de Janeiro, Brazil, April 2020. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Gading Persada

PAREPARE, KOMPAS.TV- Hilangnya sejumlah jenazah pasien Covid-19 dari makam terbongkar yang berada di areal pemakaman di Kelurahan Lemoe, Kota Parepare, Sulawesi Selatan membuat heboh.

Hingga saat ini, hilangnya jenazah dari pemakaman Covid-19 itu masih menyisakan tanda tanya tersebut.

Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini deretan fakta hilangnya jenazah Covid-19 dari makam yang sudah dibongkar tersebut:

Baca Juga: Di Parepare, Sejumlah Makam Pasien Covid-19 Dibongkar dan Jenazah Pun Hilang

1. Diketahui warga yang berziarah

Terbongkarnya makam dan hilangnya sejumlah jenazah pasien Covid-19 kali pertama diketahui oleh seorang warga yang berziarah. Eva, namanya. Warga yang saat itu mulanya akan berziarah ke makam sang adik yang meninggal dunia karena Covid-19.

Eva mengaku terkejut ketika mengetahui ada beberapa makam dalam kondisi terbongkar. Jenazah di dalam makam pun hilang. Ia meyakini, pembongkaran makam dilakukan baru-baru saja. Sebab, beberapa waktu lalu Eva melihat makam itu masih rapi sewaktu berziarah ke makam sang adik.

"Yakin saya, kalau pembongkaran makam ini baru-baru. Karena beberapa hari lalu makamnya masih berjejer rapi, lengkap dengan nisan," kata dia.

Baca Juga: 7 Jenazah Pasien Covid-19 Hilang dari Makam, Siapa yang Bongkar?

2. Dugaan pencurian mayat

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Parepare Iptu Asian Sihombing menduga kasus ini adalah pencurian mayat. Polisi hingga kini masih melakukan pendataan.

"Kami belum bisa memastikan berapa makam yang mayatnya hilang dicuri oleh orang tak dikenal itu," kata dia.

Di lokasi pemakaman khusus Covid-19 itu, ada beberapa kuburan yang dibongkar dan hanya tersisa peti mati. Sedangkan jenazahnya hilang.

Namun ada pula makam yang terlihat amblas dan diduga ditutup kembali lubangnya setelah digali.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x