Kompas TV nasional peristiwa

Melihat Lagi Masjid Istiqlal, Dirancang Nonmuslim Didatangi Banyak Kepala Negara

Kompas.tv - 14 Maret 2021, 05:35 WIB
melihat-lagi-masjid-istiqlal-dirancang-nonmuslim-didatangi-banyak-kepala-negara
Masjid Istiqlal akan bangun terowongan silaturahmi yang menghubungkan dengan Gereja Katedral. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Iman Firdaus


JAKARTA, KOMPAS.TV- Pernyataan Ketua DPR Puan Maharani yang menginginkan Masjid Istiqlal bisa didatangi kalangan nonmuslim menimbulkan kontroversi. Pernyataan ini seolah masjid terbesar di Asia Tenggara ini tidak pernah menerima kedatangan kalangan nonmuslim. 

Padahal, masjid yang prakarsanya di oleh Presiden Soekarno ini dirancang oleh arsitek berdarah Batak beragama Kristen Frederich Silaban.   

Silaban merancang Istiqlal dengan arsitektur modern terinspirasi dari benteng pertahanan yang kokoh. Dia memberi simbol rancangannya, "Ketuhanan". 

Baca Juga: Merantau di Jakarta, Anang Hermansyah Sempat Tidur di Istiqlal dan Gang Potlot


Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pun mengakui bahwa kehadiran Silaban menjadikan masjid ini memiliki semangat toleransi yang tinggi. 

"Masjid Istiqlal sejak awal didirikan memang mengusung semangat kemerdekaan sekaligus mencerminkan kerukunan. Bahkan kita tahu bahwa masjid tersebut dirancang oleh Frederich Silaban, yang merupakan seorang nonmuslim,"kata Sekretaris Jenderal PBNU Ahmad Helmy Faishal Zaini kepada wartawan, Sabtu (13/3/2021).

Bukan hanya itu, di setiap hari besar agama Nasrani seperti Natal, sudah lazim jemaat Katedral yang posisinya berhadapan dengan Istiqlal memarkir kendaraanya di lingungan Istiqlal

Lebih dari itu, sudah banyak kepala negara yang bukan berasal dari negara Islam berkunjung ke Istiqlal. Tercatat mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan isterinya pernah berkunjung ke sini. Termasuk Pangeran Charles dari Inggris, Wakil Ketua Partai Komunis China Li Yuanchao,  Presiden Cile Sebastián Piñera, Presiden Austria Heinz Fischer, Perdana Menteri Norwegia  Jens Stoltenberg sampai Kanselir Jerman  Angela Merkel.

Baca Juga: Tokoh Agama Belum Terdaftar Ikut Vaksinasi Covid-19? Langsung Saja Datang ke Masjid Istiqlal

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani dalam acara Gerakan Nasional Mengisi Masjid dengan 1 Juta Sajadah di Jakarta yang dihelat Kamis (11/3),  menyamapaikan keinginannya agar Istiqlal bisa dimasuki nonmuslim.

"Tidak hanya umat Islam saja yang boleh datang ke Istiqlal. Semua umat beragama harus boleh datang ke istiqlal untuk melihat bahwa Indonesia punya masjid Indah dan terisi dengan kajian Islam yang moderat," katanya. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x