Kompas TV nasional sosial

BMKG Keluarkan Peringatan untuk Waspada Cuaca Ekstrem di Pergantian Musim Pada Akhir Maret 2021

Kompas.tv - 11 Maret 2021, 22:00 WIB
bmkg-keluarkan-peringatan-untuk-waspada-cuaca-ekstrem-di-pergantian-musim-pada-akhir-maret-2021
BMKG memprakirakan cuaca ekstrem akan melanda 22 provinsi Indonesia pada Jumat (26/2/2021). Sebagian daerah juga berpotensi banjir. (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap fenomena cuaca ekstrem saat peralihan musim penghujan ke kemarau yang dimulai akhir Maret 2021 mendatang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan ciri umum kejadian cuaca saat periode peralihan musim adalah adanya perubahan kondisi cuaca yang relatif lebih cepat.

Pada pagi-siang umumnya cerah-berawan dengan kondisi panas cukup terik yang diikuti dengan pembentukan awan yang signifkan namun pada periode siang-sore hari terjadi hujan intensitas tinggi dengan durasi singkat.

Baca Juga: Prediksi Cuaca Ekstrem Bulan Maret 2021, Waspada Banjir dan Longsor!

"Selama periode peralihan musim, ada beberapa fenomena cuaca ekstrem yang harus diwaspadai, yaitu hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, puting beliung, waterspout, dan hujan es," ujar  Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/3/2021).

Guswanto menambahkan hasil analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa fenomena La Nina masih dapat berlangsung hingga Mei 2021 dengan intensitas lemah hingga normal. 

Kondisi tersebut berkontribusi pada peningkatan massa udara basah dan lembab di sekitar wilayah Indonesia.

Fenomena Monsun Asia masih cukup aktif mengakibatkan aliran massa udara dari wilayah Belahan Bumi Utara (BBU) masih dapat berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan terutama di wilayah Indonesia bagian barat.

Baca Juga: Terdampak Cuaca Ekstrem, Berikut Pantauan Harga Bahan-Bahan Pokok di Pasar

Monsun Asia mulai memasuki periode pelemahan pada akhir Maret 2021 yang mengindikasikan bahwa periode puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia mulai berakhir.

"Sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode peralihan dari musim hujan ke musim kemarau mulai akhir Maret 2021," ujar Guswanto.

Guswanto menjelaskan fenomena hujan es merupakan fenomena yang umum terjadi selama periode peralihan musim.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x