Kompas TV video cerita indonesia

Terawan Agus Putranto Menyebut Vaksin Nusantara Aman untuk Digunakan

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 23:15 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Tim Pengembang Vaksin Nusantara, Terawan Agus Putranto, mengatakan bahwa Vaksin Nusantara aman untuk digunakan.

Hal tersebut disampaikan Terawan dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Rabu (10/3/2021).

"Vaksin Covid-19 berbasis dendritik sel, yang tentunya karena sifatnya autologus, sifatnya individual, tentunya adalah sangat sangat aman," ujar Terawan.

Lebih lanjut, Terawan bahkan menyebutkan jika Vaksin Nusantara bisa menjadi alternatif solusi bagi para penderita auto immune dan yang memiliki komorbid berat.

"Paling tidak untuk mengatasi yang auto immune atau yang komorbid berat, maupun yang memang terkendala dengan vaksin-vaksin yang lain. Ini menjadi sebuah solusi alternatif yang bisa digunakan," lanjut Terawan.

Walaupun Vaksin Nusantara belum mendapatkan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinis (PPUK), Terawan tetap berterimakasih kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Kementerian Kesehatan.

"Meskipun PPUK belum keluar, saya tetap mengucapkan terima kasih kepada BPOM dan Kementerian Kesehatan. Mudah-mudahan ini terus bisa dilanjutkan menjadi fondasi yang baik," ujar Terawan.

Video Editor: Mukhammad Rengga

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x