Kompas TV internasional kompas dunia

Piers Morgan Mengundurkan Diri dari Talkshow Setelah Berkomentar Buruk Kepada Meghan Markle

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 04:18 WIB
piers-morgan-mengundurkan-diri-dari-talkshow-setelah-berkomentar-buruk-kepada-meghan-markle
Pembawa acara Piers Morgan, mengundurkan diri dari talkshow Good Morning Britain, setelah mengeluarkan komentar buruk kepada Meghan Markle. Komentarnya ini memicu kritik dan 41.000 aduan dari masyarakat. (Sumber: Jordan Strauss/Invision/AP)
Penulis : Tussie Ayu

LONDON, KOMPAS.TV - Pembawa acara talkshow Inggris, Piers Morgan, mengundurkan diri dari acara “Good Morning Britain” pada Selasa (9/3/2021). Ia mengundurkan diri setelah membuat komentar kontroversial tentang Meghan Markle, setelah wawancara singkatnya tentang keluarga kerajaan.

Pengawas media Inggris mengatakan pada Selasa pagi, bahwa mereka melakukan penyelidikan terhadap acara tersebut, setelah menerima lebih dari 41.000 keluhan tentang komentar Piers Morgan mengenai Duchess of Sussex atau Meghan Markle.

Hengkangnya Morgan dari acara ini, diumumkan tak lama setelah Istana Buckingham mengeluarkan pernyataan untuk menanggapi wawancara Pangeran Harry dan Meghan. Dalam pernyataan tersebut, Istana Buckingham mengatakan, tuduhan rasisme yang dibuat oleh Pangeran Harry dan Meghan selama wawancara dengan Oprah Winfrey mengkhawatirkan.

Baca Juga: Dari Pengakuan Meghan Markle Bisa Ditelusuri: Bukan Sekali Ini Saja Royal Family Bersikap Rasis

Dalam wawancara yang disiarkan di Amerika Serikat pada Minggu (7/3/2021), Meghan berbicara tentang bagaimana dia merasa tidak ingin hidup lagi. Dia merasa putus asa ketika berusaha untuk menyesuaikan diri dengan monarki. Dia juga mengungkapkan bahwa dia menghadapi sikap rasis dari Istana Buckingham dan media Inggris.

Morgan, 55, mengatakan pada hari Senin di acara “Good Morning Britain”, bahwa dia tidak mempercayai ucapan Meghan.

"Maaf, saya tidak percaya sepatah kata pun yang dia ucapkan. Saya tidak akan percaya jika dia membacakan laporan cuaca untukku,” ujarnya.

Ucapan ini menuai kritik dari banyak orang, termasuk Badan Amal Kesehatan Mental, Mind, yang mengatakan kecewa dan prihatin dengan komentar Morgan, yang tidak mempercayai pengalaman Meghan tentang pikiran untuk bunuh diri.

Baca Juga: Jadi Perhatian Dunia, Ini Tanggapan Pemimpin Negara Persemakmuran Tentang Wawancara Harry dan Meghan

“Sangat penting bahwa ketika seseorang meminta dukungan atau berbagi pengalaman mereka tentang kesehatan mental yang buruk, mereka diperlakukan dengan bermartabat, rasa hormat, dan empati," kata badan amal itu.

ITV, televisi yang memproduksi acara “Good Morning Britain,” mengkonfirmasi pengunduran diri Morgan dalam acara mereka.

“Setelah berdiskusi dengan ITV, Piers Morgan telah memutuskan sekarang adalah waktu untuk meninggalkan 'Good Morning Britain.' ITV telah menerima keputusan ini dan tidak ada lagi yang ingin ditambahkan,” ujar pernyataan dari ITV seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Ratu Inggris Merespon Wawancara Harry dan Meghan: Rasisme Akan Ditanggapi Dengan Sangat Serius

Morgan adalah mantan juri di "America's Got Talent". Pada 2011, ia mengganti slot waktu utama Larry King di CNN dengan acara talkshow-nya sendiri, yang kemudian diturunkan pada 2014 setelah rating yang buruk. Dia bergabung dengan "Good Morning Britain" pada tahun 2015.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x