Kompas TV internasional kompas dunia

Jerman Mulai Longgarkan Aturan Pembatasan Sosial Ketat Covid-19

Kompas.tv - 9 Maret 2021, 22:04 WIB
jerman-mulai-longgarkan-aturan-pembatasan-sosial-ketat-covid-19
Seorang pelanggan potong rambut di sebuah salon rambut di Berlin, ibu kota Jerman, pada 1 Maret 2021. Toko buku, toko bunga, serta toko tanaman dan peralatan berkebun dibuka kembali dengan pembatasan jumlah pelanggan dan aturan kebersihan yang ketat. (Sumber: Xinhua/Stefan Zeitz)
Penulis : Edwin Shri Bimo

BERLIN, KOMPAS.TV - Setelah lebih dari dua bulan memberlakukan karantina wilayah (lockdown), pemerintah federal Jerman mengizinkan toko dan peretail tertentu untuk buka kembali mulai Senin (08/03/2021). Toko buku, toko bunga, serta toko tanaman dan peralatan berkebun dibuka kembali dengan pembatasan jumlah pelanggan dan aturan kebersihan yang ketat..

Untuk toko-toko dengan luas ruang retail hingga 800 meter persegi, kapasitas pelanggan dibatasi satu orang per 10 meter persegi. Sedangkan toko yang lebih luas dapat menerima satu tambahan pelanggan untuk setiap tambahan ruang retail 20 meter persegi.

Pemerintah Jerman dan negara-negara bagian federal menyetujui langkah pembukaan kembali kedua ini setelah sekolah dan salon rambut di negara tersebut sudah diizinkan untuk dibuka kembali pada awal Maret.

Meski demikian, peraturan dapat berbeda-beda di setiap wilayah mengingat rinciannya diserahkan kepada keputusan negara bagian federal.

Baca Juga: Jerman Perpanjang Lockdown, Tapi Aturan Lain Mulai Dilonggarkan

Para pejalan kaki terlihat di Berlin, Jerman, pada 3 Maret 2021. Toko buku, toko bunga, serta toko tanaman dan peralatan berkebun dibuka kembali dengan pembatasan jumlah pelanggan dan aturan kebersihan yang ketat.(Sumber: Xinhua/Shan Yuqi)

"Kita berada di ambang fase baru pandemi yang bisa kita masuki. Tidak dengan sembrono, tetapi dengan harapan yang masih dapat dibenarkan," kata Kanselir Jerman Angela Merkel saat mengumumkan rencana pelonggaran aturan Covid-19 pekan lalu.

Pembatasan pertemuan pribadi juga telah dilonggarkan. Satu rumah tangga kini dapat bertemu dengan rumah tangga lainnya hingga total lima orang.

Pelonggaran lebih lanjut untuk peretail, museum, dan kebun binatang akan bergantung pada tingkat infeksi di setiap negara bagian, papar pemerintah.

Baca Juga: Perluas Tes: Jerman Berencana Gratiskan Rapid Test Antigen

Pada Senin, jumlah kasus baru Covid-19 di Jerman tetap berada sedikit di atas level pekan sebelumnya saat 5.011 kasus dilaporkan dalam satu hari, menurut Robert Koch Institute (RKI).

Jumlah kematian akibat Covid-19 turun ke level terendah, yakni 34, sejak awal November tahun lalu, menjadikan total kematian di Jerman sebanyak 71.934, papar RKI.

Lebih dari dua bulan setelah dimulainya kampanye vaksinasi virus corona di Jerman, tercatat hampir 2,5 juta orang telah sepenuhnya divaksinasi hingga Senin, menaikkan tingkat vaksinasi di negara itu menjadi 3 persen, imbuh RKI.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x