Kompas TV nasional peristiwa

Untuk Kendalikan Harga, Tahun Ini Pemerintah Impor Beras 1 Juta Ton

Kompas.tv - 5 Maret 2021, 19:36 WIB
untuk-kendalikan-harga-tahun-ini-pemerintah-impor-beras-1-juta-ton
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengecek kualitas beras di gudang beras Bulog di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (12/9/2020). (Sumber: ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/Lmo/pras.)
Penulis : Danang Suryo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan menjaga ketersediaan beras di dalam negeri merupakan hal penting agar harganya bisa tetap terkendali.

Nantinya melalui Perum Bulog sebanyak 1 juta ton beras akan diimpor oleh pemerintah Indonesia pada tahun ini.

"Pemerintah melihat komoditas pangan itu penting. Sehingga salah satu yang penting adalah penyediaan beras dengan stok 1 juta-1,5 juta ton," ujarnya seperti dikutip dari Kompas.comdalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Dapat Jatah Impor 80.000 Ton Daging Kerbau Tahun Ini, Bulog: Dilakukan Bertahap

Pemerintah akan melakukan dua kebijakan penyediaan beras dalam negeri. Pertama, melakukan impor beras sebanyak 500.000 ton untuk Cadangan Beras Pemerintah dan 500.000 ton untuk kebutuhan Bulog.

Kedua, penyerapan gabah oleh Bulog dengan terget beras 900.000 ton ketika panen raya pada Maret-Mei 2021, dan 500.000 ton pada Juni-September 2021.

Baca Juga: Jelang Bulan Puasa, Pemerintah akan Impor Beras hingga Gula

Rencana impor beras ini, kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, sudah disepakati dalam rapat terbatas. Kementerian Perdagangan juga telah mengantongi jadwal impor beras.

Impor beras nantinya akan digunakan untuk menambah cadangan. Pemerintah menyebut istilah tersebut sebagai iron stock.

"Iron stock itu barang yang memang ditaruh Bulog sebagai cadangan dia mesti memastikan barang itu selalu ada. Tidak bisa dipengaruhi oleh panen atau apapun karena memang diapakai sebagai iron stock," ujarnya.

Baca Juga: Polres Jakbar Ungkap Ladang Ganja 12 Hektar di Sumatera Utara



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x