Kompas TV regional berita daerah

Bupati Lumajang Temui Korban Longsor, Bicarakan Rencana Relokasi

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 20:08 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Lumajang Jawa Timur berencana merelokasi korban tanah longsor ke tempat lebih aman. Bupati bertemu dan berdialog langsung dengan warga untuk mensosialisasikan rencana tersebut.

Dengan mengendarai sepeda motor, rombongan Bupati Lumajang Thoriqul Haq menuju lokasi longsor yang ada di Desa Sawaran Kulon Kecamatan Kedungjajang. Bupati melihat langsung keadaan rumah warga yang hancur tertimbun material longsor.

Baca Juga: Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru, Jembatan Putus dan Jalan Tertimbun

Saat Bupati Thoriq datang, sebagian warga masih sibuk melakukan pencarian barang berharga yang hilang tertimbun longsor, termasuk uang tunai puluhan juta rupiah. Pencarian dilakukan dengan dibantu petugas gabungan dari BPBD dan TNI. 

Warga yang menjadi korban longsor selama ini tinggal di tanah HGU dan pemerintah berupaya mencarikan lahan yang aman untuk relokasi, sehingga warga tidak was-was lagi terjadi longsor susulan. 

Bupati Thoriq mengaku masih melakukan koordinasi dengan pemilik perkebunan dan warga setempat untuk rencana relokasi. Koordinasi terus - menerus perlu dilakukan mengingat kebanyakan warga tidak mau direlokasi, karena tempat relokasi jauh dari tempat bekerja.

Sebelumnya, 13 rumah warga di Desa Sawaran Kulon itu hancur diterjang longsor. Akibatnya puluhan warga mengungsi di balai desa setempat.

 

#BupatiLumajang #BencanaAlam #Longsor #KorbanLongsor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x