Kompas TV nasional sosial

Siap-siap, Prakerja Gelombang 13 Dibuka Siang Nanti Pukul 12.00 WIB, Klik www.prakerja.go.id

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 07:25 WIB
siap-siap-prakerja-gelombang-13-dibuka-siang-nanti-pukul-12-00-wib-klik-www-prakerja-go-id
Tangkapan layar penjelasan pembuatan akun Program Kartu Prakerja. (Sumber: akun Instragam @prakerja.go.id)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 13 akan dibuka Kamis siang nanti (4/3/2021) mulai pukul 12.00 WIB. Adapun jumlah kuota penerima kartu Prakerja masih sama seperti gelombang sebelumnya.

“Gelombang 13 akan dibuka, 4 Maret, jam 12.00 WIB dengan kuota 600.000," kata Louisa Tuhatu selaku Head of Communication Project Management Office (PMO) Kartu Prakerja dalam keterangan resmi, Rabu (3/3/2021) malam.

Menurut dia dalam pendaftaran nanti sekaligus seleksi calon penerima Kartu Prakerja akan ada hal yang baru.

Baca Juga: Ingin Daftar Sebagai Peserta Kartu Prakerja Gelombang 13? Simak Kriterianya

Sama seperti saat Gelombang 12 sebelumnya, dia menjelaskan ada hal baru yang diterapkan pihak pengelola Prakerja bagi penerima Kartu Prakerja tahun 2021.

"Setelah mereka dinyatakan lolos seleksi, dana bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta akan muncul di dashboard mereka," kata Louisa.

Hal yang baru di Kartu Prakerja 2021 ini, ungkapnya, adalah kewajiban bagi setiap peserta untuk menonton 3 video induksi.

"Tetapi sebelum bisa membelanjakan uang itu untuk membeli pelatihan, mereka wajib menonton 3 video induksi yang masing-masing berdurasi sekitar 2-3 menit," ujar dia.

Baca Juga: Pendaftaran Prakerja Gelombang 13 Segera Dibuka, Hindari Kesalahan Ini Saat Mendaftar

Menurut Louisa, video induksi itu akan membantu penerima Kartu Prakerja memahami cara kerja program Kartu Prakerja, serta cara membeli pelatihan dan menautkan rekening.

Melansir Kompas.com, Kamis (4/3/2021), hasil seleksi gelombang 12 Kartu Prakerja sudah diumumkan pada Rabu (3/3/2021). Sebanyak 600.000 orang dinyatakan lolos dan berhak menerima Kartu Prakerja.

Bagi pendaftar Kartu Prakerja gelombang 12 yang belum lolos, lanjut Louisa, masih bisa mengikuti proses seleksi pada gelombang-gelombang selanjutnya.

Selain itu, bagi mereka yang ingin mengikuti program kartu Prakerja gelombang 13, disarankan untuk segera membuat akun terutama bagi yang belum mempunyai akun).

Baca Juga: Jangan Lengah! Siap-siap Pendaftaran Prakerja Gelombang 13 Segera Dibuka

Pembuatan akun tidak perlu menunggu hingga Gelombang 13 dibuka. Dengan demikian, begitu gelombang 13 dinyatakan dibuka, maka bisa langsung mendaftar gelombang seleksi.

Disarikan dari pemberitaan Kompas.tv sebelumnya berikut ini sejumlah hal terkait persiapan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13:

1.Syarat pendaftaran Prakerja:

- WNI berusia 18 tahun ke atas Pencari kerja atau pengangguran (lulusan baru dan program PHK) Pekerja (buruh/karyawan)

- Wirausaha

- Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

- Bukan penerima bansos Kementerian Sosial (DTKS), BSU, BPUM

- Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/D, BUMN/D, dan lainnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x