Kompas TV regional peristiwa

Anggota KKB Pimpinan Joni Botak Tewas Usai Adu Tembak dengan TNI-Polri di Hutan Freeport

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 22:35 WIB
anggota-kkb-pimpinan-joni-botak-tewas-usai-adu-tembak-dengan-tni-polri-di-hutan-freeport
Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata didampingi Dandim 1710/ Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya saat menunjukan foto Ferry Ellas yang merupakan Danton KKB Kali Kopi Pimpinan Joni Botak, ketika menggelar konfrensi pers di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Selasa (2/3/2021). (Sumber: IRSUL PANCA ADITRA/KOMPAS.com)
Penulis : Fadhilah

TIMIKA, KOMPAS.TV - Kontak tembak terjadi antara aparat keamanan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di hutan Mile 53 area PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Minggu (28/2/2021).

Setelah adu tembak tersebut, aparat keamanan dari TNI-Polri melakukan penyisiran ke lokasi KKB. Petugas mencapai lokasi KKB tersebut pada Senin (1/3/2021).

Jarak yang jauh karena berada di seberang sungai membuat personel TNI-Polri kesulitan. Ditambah lagi mereka harus melewati medan sulit, seperti mendaki gunung serta menyeberangi sungai untuk mencapai lokasi itu.

Baca Juga: TNI-Polri Baku Tembak dengan KKB Pimpinan Joni Botak Hingga ke Hutan Belantara

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, di lokasi aparat keamanan menemukan mayat salah satu anggota KKB, Ferry Ellas.

"Setelah dilakukan identifikasi dan berdasarkan foto-foto serta informan kami, maka yang tewas itu bernama Ferry Ellas," kata Era didampingi Dandim 1710/Mimika Letkol Yoga Cahya Prasetya saat memberikan keterangan pers di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Selasa (2/3/2021) malam, seperti dikutip Kompas.com.

Hal itu diketahui berdasarkan investigasi dan sejumlah foto dari salah satu ponsel yang ditemukan di lokasi.

Ferry Ellas menduduki posisi sebagai Danton OPM Kodap III Kalikopi Timika pimpinan Joni Botak.

Sebelumnya, anggota TNI-Polri yang bertugas di wilayah PT Freeport Indonesia di Mimika, Papua, terlibat kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, kontak tembak itu terjadi pada Minggu 28 Februari 2021, pukul 10.30 WIT.

Saat itu, aparat keamanan sedang berpatroli di hutan sekitar Mile 53, area PT Freeport Indonesia.

Baca Juga: KKB Sebar Hoax Remaja Anggota KKB Tewas Ditembak Aparat di Mimika, Ini Fakta Sebenarnya

Di seberang sungai, pasukan patroli itu melihat enam anggota KKB membawa dua pucuk senjata api. Kontak senjata pun pecah di wilayah itu.

"Terjadilah kontak tembak sekitar 30 menit," kata Era kepada Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Era menjelaskan, kontak senjata berhenti setelah anggota KKB lari ke hutan.

Anggota TNI dan Polri pun masih berusaha menuju lokasi KKB tersebut. Mengingat, lokasinya sangat jauh dan harus menyeberangi sungai.

"Perlu diketahui bahwa lokasi di mana KKB melakukan tembakan sangat jauh karena harus mencari sungai yang dangkal yang memungkinkan aparat untuk menyeberang," ujar Era.

Baca Juga: Penyerangan Kantor Freeport Diduga Ulah Brutal Joni Botak, 1 WNA Tewas, 2 Luka-Luka

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x