Kompas TV klik360 tahu gak sih lo?

Beda Vaksin Covid-19: Nusantara & Merah Putih

Selasa, 2 Maret 2021 | 18:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selain menggunakan Vaksin Covid-19 dari luar negeri, vaksin buatan anak bangsa juga tengah dikembangkan. Ada Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara.

Keduanya sama-sama memberikan perlindungan kepada tubuh kita agar kebal dari Covid-19. Yang membedakan adalah teknologi dan pihak yang mengembangkannya.

Vaksin Covid-19 Nusantara dikembangkan oleh para ilmuwan dari Universitas Diponegoro, Semarang dengan menggandeng PT Rama Pharma bekerja sama dengan AIVITA Biomedical Inc asal California, Amerika Serikat.

Vaksin Covid-19 Nusantara ini digagas oleh Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada tahun 2020. Saat itu, Terawan masih menjabat sebagai Menkes.

Dari sisi teknologi, Vaksin Covid-19 Nusantara menggunakan sel dendritik yang memungkinkan vaksin ini diproduksi dengan menyesuaikan kondisi tiap pasien. Sehingga vaksin ini dapat diberikan pada individu dengan penyakit komorbid.

Sementara untuk Vaksin Merah Putih sebenarnya tidak merujuk pada satu jenis vaksin saja, melainkan sekelompok kandidat vaksin yang dikembangkan oleh sejumlah pihak riset.

Adapun 7 lembaga yang mengembangkan vaksin merah putih adalah:

Institut teknologi bandung (ITB), Universitas padjadjaran (UNPAD), Universitas indonesia (UI), Universitas gadjah mada (UGM), Universitas airlangga (UNAIR), Lembaga biologi Molekuler Eijkman, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Video Editor: Mukhamad Rengga

Penulis : Sadryna Evanalia





BERITA LAINNYA


Hukum

Transparasi Satgas Kasus BLBI Dipertanyakan

Selasa, 13 April 2021 | 15:40 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:43
KETUA DPR: PERAN PEREMPUAN SANGAT PENTING DALAM MEMPERCEPAT PEMULIHAN KESEHATAN & EKONOMI DI MASA PANDEMI    JAGA STABILITAS HARGA SAAT RAMADAN, DINAS PERDAGANGAN SURABAYA GELAR OPERASI PASAR DI 31 KECAMATAN    WAGUB NTB TEGASKAN TIDAK ADA PELANGGARAN HAM DALAM PEMBANGUNAN SIRKUIT MANDALIKA    POLISI MASIH MENYELIDIKI PENYEBAB KEBAKARAN DI GEDUNG BLOK C PASAR MINGGU, JAKSEL, PADA SENIN 12 APRIL 2021   SATGAS DORONG GENERASI MUDA BANTU KELOMPOK LANSIA DAPATKAN VAKSINASI COVID-19    KEMENKO PMK DORONG RUU PERLINDUNGAN PEKERJA RUMAH TANGGA SEGERA DISAHKAN    CEGAH KORUPSI DENGAN SISTEM ELEKTRONIK, MENSOS HARAP DATA YANG ADA DAPAT DIKETAHUI TRANSPARAN OLEH MASYARAKAT    CEGAH TERJADINYA CELAH KORUPSI, SELURUH OPERASIONAL PADA KEMENSOS AKAN DIUBAH DENGAN SISTEM ELEKTRONIK    POLRI: DAFTAR DPO TERDUGA TERORIS DI JAKARTA BERTAMBAH YAKNI DUA WARGA JAKARTA SELATAN    PT KCI PERBOLEHKAN PENUMPANG UNTUK MAKAN DAN MINUM DI DALAM KERETA SAAT WAKTU BERBUKA PUASA    KEMENKUMHAM SALURKAN BANTUAN RP 800 JUTA UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK BENCANA DI INDONESIA    MUI: VAKSINASI COVID-19 TIDAK MEMBATALKAN PUASA, KONDISI KESEHATAN TETAP DIPERHATIKAN    JUBIR SATGAS: WAKTU YANG TERBAIK SAAT MENERIMA VAKSIN ADALAH SAAT KONDISI BADAN MASIH SEGAR    JUBIR SATGAS SARANKAN VAKSINASI COVID-19 DI BULAN RAMADAN DILAKUKAN PAGI HARI