Kompas TV nasional berita utama

Long Covid, Ini yang Dialami WNI Pertama di Indonesia yang Diumumkan Terkena Covid-19 Pasca Sembuh

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 08:37 WIB
long-covid-ini-yang-dialami-wni-pertama-di-indonesia-yang-diumumkan-terkena-covid-19-pasca-sembuh
Sita Tyasutami (kanan) yang merupakan pasien 01 Covid-19 Indonesia, sedangkan Maria Darmaningsih (tengah) adalah pasien 02. (Sumber: Instagram @sitatyasutami)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bersama putrinya, Maria Darmaningsih (64) tercatat menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pertama yang terjangkit Covid-19.

Tepat setahun lalu saat pertama kali diumumkan pemerintah Indonesia, Maria dan kedua putrinya sudah sembuh dari penyakit tersebut.

Namun tak bisa dipungkiri, pasca sembuh tersebut, Maria mengaku kerap mengalami nafas yang terengah-engah.

Baca Juga: Kilas Balik Covid-19 di Indonesia, Maria Darmaningsih: Tak Pernah Menyangka Pandemi akan Mengganas

Dia mengakuinya sebagai efek kesehatan jangka panjang akibat Covid-19 (long Covid) yang dideritanya tepat setahun lalu itu.

“Dulu aku enggak gini. Kalau jalan pagi sekarang, tuh, kadang-kadang merasa, lho, kok capek,” kata Maria, Senin (1/3/2021).

Maria mengaku saat ini memang sudah pulih dari Covid-19.

Namun karena long Covid itu, dia merasa ada beberapa memori dalam ingatannya yang hilang sehingga membuat dirimya lama untuk berpikir mengingatnya kembali.

Baca Juga: Setahun Covid-19, Guyonan Menteri yang Kemudian Terpapar

“Misalnya, nama jalan. Saya sering dengar, kok, tapi lupa di mana? Aku harus diam dulu, aku tanya anakku, baru teringat. Sekitar lima bulan yang lalu, misalnya, dengar ada Jalan Ampera, aku diam dulu. Ampera kayaknya aku tahu. Padahal dulu setiap hari aku lewatn, kok sekarang tiba-tiba tanya di mana. Ha-ha-ha. Itu ternyata, long Covid kayak begitu,” papar Maria seperti disarikan Kompas.tv dalam perbincanganya bersama Kompas.com.

Tak hanya itu, dia memberitahu kalau ada salah satu temannya yang terkena Covid-19 namun sudah pulih saat ini juga merasakan efek yang serupa. Bahkan temannya itu merasakan hilang indera penciumannya.

Baca Juga: WHO: Covid-19 Segera Berakhir Merupakan Anggapan Prematur dan Tidak Realistis



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x