Kompas TV nasional kesehatan

Alami Kegemukan? Ini Resep Turun Berat Badan Dari Seorang yang Pernah Obesitas Hingga 160 Kg

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 07:40 WIB
alami-kegemukan-ini-resep-turun-berat-badan-dari-seorang-yang-pernah-obesitas-hingga-160-kg
Tri Janita atau Nita, seorang healthy lifestyle enthusiast berhasil menurunkan 60 kilogram bobot tubuhnya dalam waktu 2,5 tahun. Kiri adalah Nita ketika berbobot 159 kilogram dan kanan adalah Nita saat ini dengan bobot 99,8 kilogram. (Sumber: Dokumentasi pribadi.)
Penulis : Tussie Ayu

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kelebihan berat badan mungkin menjadi masalah bagi banyak orang. Terlebih, dalam masa pandemi seperti saat ini, kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Hal ini membuat kita cenderung kekurangan aktivitas fisik dan mengalami kenaikan berat badan.

Tri Janita yang akrab disapa dengan sebutan Nita, telah mengalami jatuh bangun dalam proses menurunkan berat badannya. Healthy lifestyle enthusiast ini bahkan pernah mengalami obesitas hingga 160 kilogram. Ketika berada di titik itu, dia merasa harus mengubah pola hidupnya satu per satu, untuk mencapai hidup yang lebih sehat.

Kini, Nita telah berhasil menurunkan bobotnya sebanyak hampir 60 kilogram dalam waktu 2,5 tahun. Ia berkomitmen untuk tidak berhenti sampai disini dan terus menjaga kesehatan dan kebugaran, demi mencapai tujuan jangka panjangnya.

Baca Juga: Salmafina Sunan Pamer Body Goals Seksi Usai Turun Berat Badan 8 Kg

“Saya sudah pernah mencoba bermacam-macam diet dan tidak berhasil. Akhirnya yang saya lakukan adalah mengatur dan mengubah satu per satu pola hidup saya,” ujar Nita kepada Kompas TV, Senin (1/3/2021).

Menurut Nita, dalam proses menurunkan berat badan, pasti ada proses dimana berat badan naik dan turun, namun kita harus tetap konsisten pada tujuan. Ia mengaku memiliki dua tujuan dalam menurunkan berat badan. Tujuan pertama adalah agar bisa beraktivitas lebih baik.

“Orang obesitas itu susah beraktivitas dengan baik. Jadi tujuan saya adalah agar bisa beraktivitas sehari-sehari dengan baik,” ujarnya.

Nita sebelum dan sesudah menurunkan berat badan sekitar 60 kilogram. (Sumber: Dokumentasi pribadi.)

Selain itu, tujuan keduanya adalah untuk mencapai hidup yang lebih sehat. Dia mengaku, saat mengalami obesitas, dia berhenti haid selama empat tahun. Bagi perempuan, haid yang terhenti tentu menandakan adanya gangguan kesehatan. Namun setelah dia memperbaiki pola hidup, kini ia kembali mengalami menstruasi dengan teratur.

Menurut Nita, ada empat perubahan pola hidup yang dia lakukan, hingga akhirnya bisa menurunkan berat badan sebanyak 60 kilogram. Berikut adalah empat perubahan pola hidup yang dia lakukan:

1. Melakukan aktivitas fisik.

Aktivitas fisik yang dilakukannya adalah jalan pagi. Kemudian seiring berjalannya waktu, dia menambah aktivitas fisik dengan latihan angkat beban di gymnasium.

“Saat ini saya melakukan aktivitas fisik sebanyak 4-5 kali seminggu, dengan durasi 40 menit hingga 1 jam,” ujarnya.

2. Menjaga pola makan

Nita mengaku, hal ini awalnya paling sulit dia lakukan. “Waktu awal mau menurunkan berat badan, saya pernah bilang sama pelatih saya, ‘saya mau melakukan apa saja, tapi saya jangan disuruh atur pola makan,” katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x