Kompas TV regional berita daerah

Produsen Pestisida Palsu Digerebek

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 09:01 WIB

BREBES, KOMPAS.TV - Tim unit tindak pidana tertentu, Satreskrim Polres Brebes berhasil mengungkap sebuah rumah yang diduga telah digunakan sebagai tempat produksi pestisida palsu. Lokasi tersebut berada di Desa Banjarharjo, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.  

 

Dari pengungkapan kasus ini, polisi berhasil menemukan ribuan botol berbagai merek dan puluhan jerigen berisi pestisida palsu. Selain itu petugas juga mengamankan seorang pembuat pestisida palsu bernama, Saefudin, yang sudah berusia 70 tahun. 

 

Bahkan dari pengembangan. Polisi juga menangkap dua pengedar pestisida palsu yang merupakan warga, Bandung, Jawa Barat. Meski merupakan warga Bandung keduanya yakni, Lesmana dan Sobur Priyatna, selama ini mengedarkan pestisida palsu di wilayah Kabupaten Brebes. 

 

Saat ditangkap. Tersangka Saefudin, mengaku, belajar membuat pestisida palsu dari pengalamannya sebagai petani. Selain membuat merek sendiri, pemasarannya dilakukan ke Desa Desa dengan harga jual per botolnya diantaranya tujuh puluh lima ribu rupiah. 

 

Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto, menjelaskan, pestisida palsu tersebut dibuat oleh tersangka dengan meracik adukan campuran dari bahan pestisida asli dengan bahan lain, sehingga kandungan kimia yang semestinya efektif menjadi buruk. 

 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Yulia Hendrawati, menjelaskan, jika maraknya peredaran pestisida palsu, dikarenakan Kabupaten Brebes merupakan wilayah agraris pertanian. Sehingga menjadi incaran pelaku kejahatan dengan menjual obat pestisida palsu kepada petani. 

 

Akibat perbuatannya ketiga tersangka kini harus mendekam di sel tahanan Mapolres Brebes. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan nya pelaku terancam kurungan penjara selama tujuh tahun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x