Kompas TV internasional kompas dunia

Taksi Otomatis Tanpa Pengemudi Mulai Mengaspal di Wuhan, China

Kompas.tv - 28 Februari 2021, 12:59 WIB
taksi-otomatis-tanpa-pengemudi-mulai-mengaspal-di-wuhan-china
Dongfeng Autonomous Van,Produsen mobil China, Dongfeng Motor Corporation, mengatakan pada Sabtu (27/02/2021) mereka mulai menawarkan uji coba gratis dengan taksi swakemudi mereka di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, China tengah. (Sumber: Dongfeng Motor)
Penulis : Edwin Shri Bimo

WUHAN, KOMPAS.TV - Produsen mobil China, Dongfeng Motor Corporation, mengatakan pada Sabtu (27/02/2021) mereka mulai menawarkan uji coba gratis dengan taksi swakemudi mereka di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, China tengah.

Lebih dari 40 kendaraan otonom, bernama RoboTaxi, telah mengaspal di jalan-jalan zona pengembangan ekonomi dan teknologi kota tersebut.

Layanan uji coba itu melibatkan sekitar 20 tempat parkir khusus dan lebih dari 10 rute, menurut pusat teknis perusahaan itu.

Dikonversi dari kendaraan listrik murni Dongfeng, setiap RoboTaxi telah dilengkapi dengan Sistem Navigasi dan Pemosisian BeiDou serta sistem persepsi lingkungan.

Baca Juga: China Bantah Lakukan Tes Usap Anal Covid-19 Pada Diplomat AS

Sistem persepsi tersebut mencakup fitur kamera definisi tinggi (HD), LiDAR (sensor pendeteksi cahaya dan jarak), serta radar gelombang milimeter.

Superkomputer di RoboTaxi, yang didukung dengan teknologi 5G terbaru, diharapkan dapat mengidentifikasi secara akurat dan cepat berbagai skenario lalu lintas.

Hal ini memungkinkan kelancaran operasional taksi-taksi itu, kata Bian Ning, pemimpin proyek swakemudi di Dongfeng Technical Center.

Mempertimbangkan persyaratan regulasi, pengawas keselamatan diperlukan untuk taksi swakemudi ini. Namun, pengawas keselamatan tersebut tidak akan mengambil alih kemudi kecuali dalam situasi darurat, menurut Bian.

Dongfeng Motor Corporation berencana untuk meluncurkan lebih dari 200 taksi swakemudi di Wuhan dalam dua hingga tiga tahun ke depan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x