Kompas TV regional berita daerah

Pelecehan Seksual Terhadap Anak, Psikolog : Korban dan Orangtua Perlu Pendampingan Psikologis

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 23:39 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Terjadinya sejumlah kasus pelecehan bahkan pemerkosaan terhadap anak menjadi keprihatinan  Tim Ahli Psikologi Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kota Banjarmasin, Aziza Fitriah.

Tindakan  pelaku dapat mengganggu hak tumbuh kembang anak karena membuat efek persepsi dan sensasi yang muncul didalam pikiran anak-anak yang seharusnya  belum ada di usia mereka.

Baca Juga: Viral Pria Pamer Foto Pelecehan Anak di Medsos, Polisi : Tujuannya Mendapatkan Pengikut

Untuk memulihkan kondisi korban, Aziza menyebut perlunya pendampingan psikologis   pada anak dan orangtuanya untuk diberikan pemahaman  dalam memperlakukan anaknya kedepan.

Hal tersebut  agar perkembangan dan pertumbuhan psikis dan mentalnya kembali normal seperti anak pada usianya.

“Jadi itu untuk diberikan pemahaman dan pendampingan psikologis terkait dengan kondisi anaknya dan bagaimana memperlakukan anak kedepan agar kembangan anak, pertumbuhan psikis dan mentalnya agar kembali normal,” ungkap Aziza.

Baca Juga: Oknum Tukang Ojek, Pelaku Pencabulan Kakak Beradik di Bawah Umur Ditangkap

Di kalsel, kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur saat ini menjadi sorotan usai terungkapnya kasus pemerkosaan di Banjarmasin olah ayah kandung terhadap dua  anaknya yang juga mengungkap kasus pencabulan terhadap kedua korban tersebut  oleh orang lain.

Selain itu juga kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur di Kabupaten Tapin yang oleh pelaku disebarluaskan melalui media sosial.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x