Kompas TV regional berita daerah

Kabut Asap Karhutla, Penerbangan ke Kalbar Mulai Terganggu

Kompas.tv - 27 Februari 2021, 09:12 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Sebanyak tiga pendaratan penerbangan pesawat terganggu dalam satu pekan terakhir, akibat kabut asap menutup landasan pacu di Bandara Supadio Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Pihak OIC Angkasa Pura II Bandara Supadio Pontianak mencatat, pendaratan tiga penerbangan yang terganggu, yakni pada tanggal 15, 16 dan terakhir pada tanggal 25 Februari lalu. Sebagian besar terjadi pada sore hari karena jarak pandang pendaratan di bawah 1000 meter.

Akibatnya, penerbangan harus kembali ke bandara asal atau dialihkan ke bandara lain, hingga kondisi landasan pacu tidak tertutup kabut.

BMKG Kalbar mengatakan, dalam sepuluh hari terakhir jarak pandang di Bandara Supadio Pontianak masih dalam jarak aman, yakni rata-rata 2000 meter, dengan jarak pandang terendah mencapai 700 meter, karena tertutup kabut asap.

BMKG memprediksi dalam sepekan ke depan cuaca masih cerah berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang baru akan terjadi pada tanggal 2 dan 3 Maret mendatang, di beberapa wilayah Kalbar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x