Kompas TV nasional hukum

Wapres Maruf Amin Tak Kenal Djoko Tjandra

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 17:01 WIB
wapres-maruf-amin-tak-kenal-djoko-tjandra
Wakil Presiden Maruf Amin. (Sumber: KIP-Setwapres)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Maruf Amin tidak pernah mengenal dan bertemu dengan terdakwa kasus suap pengurusan fatwa Mahkamah Agung, Djoko Tjandra.

Hal ini ditegaskan oleh Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, dalam keterangannya kepada Jurnalis Kompas TV Audrey Chandra, Jumat (26/2/2021).

"Bapak Maruf tidak pernah tahu-menahu kasus Djoko Tjandra," kata Masduki.

Menurutnya, cerita yang dihubung-hubungkan antara Wapres Maruf Amin dengan Djoko Tjandra sebenarnya sama sekali tidak ada hubungannya.

"Bisa saja itu ada orang yang kenal dengan Pak Maruf menceritakan banyak hal, tapi sebenernya bapak tidak tahu," kata Masduki.

Maruf Amin, imbuhnya, merupakan kiai yang menerima banyak tamu. Namun setelah pertemuan tersebut, tamu itu bercerita apapun, tidak diketahui oleh Maruf Amin.

Lagipula, Wapres juga tidak pernah melakukan pengecekan cerita-cerita tamu yang pernah bertemu dengannya.

Baca Juga: Nama Wapres Ma’ruf Amin Muncul di Sidang Kasus Suap Fatwa MA Djoko Tjandra

Diketahui, Djoko Tjandra dalam pemeriksaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi mengungkapkan pernah diajak oleh koleganya untuk bertemu dengan Maruf Amin.

Saat itu Maruf Amin punya rencana kunjungan kerja ke Kuala Lumpur, Malaysia. Sementara Djoko Tjandra juga sedang dalam persembunyiannya di Kuala Lumpur.

Djoko Tjandra diajak oleh Rahmat yang merupakan seorang pengusaha sekaligus anggota Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Rahmat sudah mengetahui permasalahan hukum di Indonesia yang menjeratnya.

"Dia (Rahmat) telepon saya. (Bilang) 'Pak Joko kita mau ke Malaysia karena ada kunjungan kerja'. Beliau bilang, Pak Kiai, panggilannya Abah mau ke Kuala Lumpur, yaitu yang sekarang jadi Wapres kita, mau ke KL," ujar Djoko di persidangan.

Namun pertemuan tersebut tidak terjadi lantaran kunjungan kerja Ma'ruf Amin dibatalkan. Alasannya saat itu, Wapres dalam kondisi kurang sehat.

"Saya bilang oh dengan senang hati, (untuk) waktu tidak ditentukan kapan. Itu saya dengar lagi badannya, kurang enak badan. Jadi enggak jadi datang," ujar Djoko.

Pada persidangan sebelumnya, Rahmat memang membenarkan dirinya punya kedekatan dengan Maruf Amin.

Baca Juga: Merasa Jadi Korban Penipuan Pinangki, Djoko Tjandra Minta Dibebaskan dari Tuntutan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x