Kompas TV regional berita daerah

Pasokan Menurun, Harga Cabai dan Bawang Naik di Musim Hujan

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 11:19 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Harga cabai dan bawang di Jember Jawa Timur naik drastis seiring dengan menurunnya pasokan di musim hujan. Kondisi ini juga memicu kenaikan harga bumbu olahan hingga 20 persen.

Curah hujan tinggi sejak 2 bulan terakhir membuat pasokan cabai dan bawang di pasar tradisional Tanjung Kabupaten Jember menipis. Akibatnya harga jual naik hingga 3 kali lipat dari harga normal.

Baca Juga: Harga Cabai Tembus Rp 120.000/kg, Emak-emak Menjerit

Pedagang, Luluk Maisaroh mengatakan harga cabai jenis sret kecil naik 90 ribu rupiah dari harga normal 30 ribu rupiah per kilogram. Cabai merah besar naik 40 ribu rupiah dari harga 20 ribu rupiah per kilogram. Harga cabai hijau juga naik 40 ribu rupiah dari harga 20 ribu rupiah per kilogram.

Sedangkan harga bawang putih naik 23 rupiah dari harga 18 ribu rupiah per kilogram. Sedangkan bawang merah naik 38 ribu rupiah dari 28 ribu per kilogram.

Naiknya cabai dan bawang membuat pedagang bumbu olahan juga menaikan harga. Semisal harga bumbu bali, bumbu pecel dan bumbu rendang dinaikan 20 persen.

Baca Juga: Hujan Jadi Penyebab Naiknya Harga Cabai Rawit Di Palembang

Penjual bumbu olahan, Fathur Rozak mengatakan kenaikannya dari harga jual rata - rata 8 ribu rupiah per 1 ons dinaikan menjadi 10 ribu rupiah.

Pedagang memperkirakan kenaikan harga terus terjadi, karena curah hujan masih tinggi.

#Cabai #Bawang #HargaNaik #BumbuOlahan #MusimHujan #Pedagang #PasarTradisional



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x