Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Waspada Hujan Lebat Hari Ini dan Besok

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 05:26 WIB
bmkg-waspada-hujan-lebat-hari-ini-dan-besok
Sambil memegang payung, Presiden Jokowi berjalan di pematang sawah ketika hujan lebat mengguyur lokasi food estate di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2/2021). (Sumber: (KOMPAS.com/TANGKAPAN LAYAR VIDEO))
Penulis : Iman Firdaus


JAKARTA, KOMPAS.TV- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi  cuaca di Jakarta dan sekitarnya pada hari Jumat (26/2/2021) dan Sabtu (27/2/2021) . "Hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi di beberapa wilayah Jabodetabek pada tanggal 26-27 Februari 2021 terutama pada malam hingga dini hari," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam keterangan tertulis, Kamis (25/2/2021).

Kondisi cuaca tersebut  terjadi akibat keberadaan bibit siklon tropis di selatan Pulau Jawa, terutama di Samudera Hindia selatan Jawa Barat. Keberadaan bibit siklon tropis tersebut memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Baca Juga: BMKG: Waspada Hujan Ekstrem di Wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat


"Ini berpengaruh pada terjadinya perlambatan dan belokan angin di sebagian besar Jawa bagian barat yang pada gilirannya dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan," kata Guswanto.


Selain Jakarta, hujan lebat juga diprediksi mengguyur Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Bogor. Pesan dari BMKG ,  meminta warga waspada akan potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Sementara itu, BMKG melaporkan potensi hujan sangat lebat akan terjadi di Kabupaten Bogor serta Kabupaten Lebak. Berikut daftar daerahnya:

Baca Juga: Siaga Banjir, BMKG Ingatkan Hujan Ekstrem Antara 25 Hingga 26 Februari

Kabupaten Bogor
1.Jasinga
2.Cigudeg
3.Sukajaya
4.Nanggung
5.Cijeruk
6.Pamijahan
7.Tenjolaya
8.Tamansari
9.Leuwiliang
10.Leuwisadeng
11.Cibungbulang
12.Ciseeng
13.Cigombong

Kabupaten Lebak
1.Curugbitung
2.Sajira
3.Cimarga
4.Leuwidamar
5.Cipanas
6.Sobang
7.Lebakgedong


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x