Kompas TV internasional kompas dunia

Patung-Patung Kuno Dinasti Han Barat Dari Tahun 202 SM di China Ditemukan

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 03:25 WIB
patung-patung-kuno-dinasti-han-barat-dari-tahun-202-sm-di-china-ditemukan
Foto yang diabadikan pada 23 Februari 2021 ini menunjukkan patung-patung tembikar berbentuk kuda yang ditemukan di makam kuno di Luoyang, China (Sumber: Xinhua/Institut Penelitian Arkeologi dan Relik Budaya Kota Luoyang)
Penulis : Edwin Shri Bimo

ZHENGZHOU, KOMPAS.TV - Para arkeolog menemukan sejumlah patung kuda dan patung kecil berwarna kuno yang terbuat dari tembikar di Provinsi Henan, China tengah.

Benda-benda peninggalan tersebut meliputi lebih dari 10 patung tembikar kecil berbentuk wanita dan patung tembikar berbentuk kuda dari era Dinasti Han Barat (202 SM-25 M). Patung-patung itu ditemukan di sejumlah makam kuno di Kota Luoyang, ujar Zhao Xiaojun, Kepala Institut Penelitian Arkeologi dan Relik Budaya Kota Luoyang.

Baca Juga: Ritual Santet dan Kutukan Mulai Digunakan Pengunjuk Rasa Anti Militer Myanmar di Kota Kuno Bagan

"Ini menjadi kali pertama kami menemukan patung tembikar kecil berbentuk wanita yang lengkap maupun patung tembikar berbentuk kuda yang lengkap dari Dinasti Han Barat di Luoyang," tutur Zhao.

Beberapa patung kecil berbentuk wanita itu menunjukkan pose berdiri dan beberapa lainnya dalam pose duduk dengan kaki dilipat. Patung-patung tersebut diberi warna oranye, kuning muda, dan merah gelap.

Situs penggalian ini ditemukan pada Desember tahun lalu.

Foto yang diabadikan pada 30 Januari 2021 ini menunjukkan sebuah patung tembikar kecil berbentuk wanita yang ditemukan di makam kuno di Luoyang, China. (Sumber: Xinhua/Institut Penelitian Arkeologi dan Relik Budaya Kota Luoyang)
Foto yang diabadikan pada 23 Februari 2021 ini menunjukkan patung-patung tembikar kecil berbentuk wanita yang ditemukan di makam kuno di Luoyang, China. (Sumber: Xinhua/Institut Penelitian Arkeologi dan Relik Budaya Kota Luoyang)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x