Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah Pilu Seorang Ibu Yang Kehilangan 3 Anaknya Dalam Kebakaran Saat Menghangatkan Diri di Texas

Kompas.tv - 24 Februari 2021, 22:33 WIB
kisah-pilu-seorang-ibu-yang-kehilangan-3-anaknya-dalam-kebakaran-saat-menghangatkan-diri-di-texas
Olivia (11), Edison (8) dan Colette (5), tiga anak Jackie Nguyen yang tewas dalam kebakaran di Texas, awal pekan lalu. (Sumber: Dokumen Jackie Nguyen)
Penulis : Vyara Lestari

HOUSTON, KOMPAS.TV – Banyak kisah pilu yang tersisa dalam bencana musim dingin di Texas, Amerika Serikat (AS). Salah satunya dialami Jackie Nguyen (41). Ia kehilangan tiga anaknya dan ibunya dalam kebakaran saat berupaya menghangatkan diri dengan menyalakan perapian di kediamannya di Sugar Land, Houston, Texas, awal pekan lalu.

Jackie masih ingat betul, pada Senin (15/2) malam naas itu, di tengah suhu super dingin yang menggigit tulang, ia menyalakan perapian di rumahnya demi menghangatkan diri dan keluarganya. Seperti jutaan warga negara bagian Texas lainnya yang mengalami pemadaman listrik, Jackie dan keluarganya pun harus bertahan di dalam rumah tanpa pemanas.

Baca Juga: Bocah 11 Tahun Tewas Kedinginan di Texas, Keluarga Gugat Perusahaan Listrik Rp1,4 Triliun

Di malam dingin itu, tiga anak Jackie – Olivia (11), Edison (8) dan Colette (5) – tengah bermain bersama nenek mereka, Loan Le (75) di dekat perapian. Naas, api perapian kemudian membesar tak terkendali dan melalap semua yang ada di rumah Jackie. Hanya Jackie dan Mai Bui, teman Jackie yang kala itu tengah berada di rumah Jackie, yang berhasil selamat.

Tiga anak Jackie Nguyen -- Colette (5), Edison (8) dan Olivia (11), bersama nenek mereka, Loan Le (75) yang tewas dalam kebakaran di Texas awal pekan lalu. (Sumber: Dokumen Jackie Nguyen)

Pemadam kebakaran kota Sugar Land tiba di rumah Jackie pada Selasa sekitar jam 2 dinihari waktu setempat.

“Petugas harus memegangi Jackie yang saat itu hendak berlari masuk ke dalam rumah yang terbakar hebat untuk menyelamatkan keluarganya,” terang Douglas Adolph, juru bicara kota Sugar Land, seperti dikutip dari The Washington Post.

Baca Juga: Badai Salju Menghantam Texas, Jutaan Warga Bertahan Dalam Musim Dingin Tanpa Listrik

Jenazah tiga anak Jackie dan nenek mereka yang hangus terbakar, ditemukan petugas pemadam kebakaran kemudian.

“Penyebab kebakaran masih belum diketahui. Tapi kita tahu bahwa mereka menyalakan api perapian,” tambah Adolph.

Mantan suami Jackie, Nathan Nguyen, nyaris tak percaya saat mendengar kabar tewasnya ketiga anak mereka. Ia malah mengira kabar tersebut sebagai lelucon. Namun, saat menyadari bahwa kabar itu benar belaka, Nathan syok dan tak mau berbicara dengan siapapun.

Baca Juga: Saat Texas Dilanda Musim Dingin Tanpa Listrik, Senator Texas Ini Malah Pergi Berlibur ke Meksiko

“Mulanya ia tak percaya dan menganggap kabar itu sebagai lelucon yang buruk. Tapi setelahnya, ia syok dan jadi seperti zombie,” ungkap Vanessa Kon, saudari Nathan.   

Kebakaran di rumah Jackie merupakan satu dari sekian kecelakaan fatal yang terjadi di Texas saat badai musim dingin merusak layanan gas, air dan listrik bagi warga. Sejak 14 Februari, lebih dari 50 orang tewas dalam kecelakaan yang berhubungan dengan musim dingin di Texas, termasuk kebakaran, keracunan karbon monoksida dan hipotermia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x