Kompas TV nasional wawancara

Vaksinasi Covid-19 Tahap I Belum Optimal, Pakar: Angka Rata-rata Jauh Dari Target

Kompas.tv - 24 Februari 2021, 09:34 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vaksinasi Covid-19 di Indonesia memasuki tahap II. Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, Hermawan Saputra, mengatakan jika program vaksinasi Covid-19 di tahap awal ini belum optimal.

Ia menilai angka rata-rata vaksinasi harian di Indonesia masih jauh dari target program vaksinasi 15 bulan untuk sekitar 181 juta penduduk.

"Jadi vaccination rate kita itu sekitar 64.000-65.000 di tahapan awal. Jadi kalau kita lihat vaccination rate per hari ini masih sangat jauh dari target kita 70 persen populasi," kata Hermawan saat dihubungi KompasTV, Rabu (24/2/2021).

Memasuki vaksinasi tahap II yang menyasar kelompok pekerja di sektor publik, Hermawan menyatakan ini merupakan tantangan bagi pemerintah.

"Tantangannya pertama di samping data base, identifikasi subjek yang akan divaksin, tetapi juga proses vaksinasi itu sendiri," lanjutnya.

Distribusi vaksinasi harus dilakukan secara merata agar tak menimbulkan keramaian di satu titik yang justru akan mebahayakan.

Selain itu vaksinasi bagi lansia juga akan dimulai di tahap II ini.

Lalu apakah akan menyentuh seluruh warga lansia yang ada sepenjuru tanah air dan efektifkah dua mekanisme pendaftaran dari pemerintah untuk mengajak semua warga antusias divaksin Covid-19? 

Simak dialog bersama Plt Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rondonuwu, dan Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, Hermawan Saputra.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x