Kompas TV nasional budaya

Mengenal Arti, Perbedaan, Serta Penggunaan Kata Hampir dan Nyaris

Selasa, 23 Februari 2021 | 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kata hampir dan nyaris, mempunyai kemiripan arti.

Keduanya menyatakan hal yang dekat dengan peristiwa atau keadaan tertentu. Meski sebenarnya keduanya memiliki makna yang berbeda.

Namun, perbedaan yang hampir bersifat netral ini, kerap tidak disadari oleh masyarakat yang menggunakan kata keduanya.

Misalnya saja contoh dua artikel daring yang ada dalam video ini, keduanya sama-sama memberikan informasi mengenai harga bitcoin yang tengah naik. 

Artikel satu menggunakan kata nyaris, dan artikel lain menggunakan kata hampir.

Sama halnya dengan artikel berita yang menceritakan mengenai pengalaman seseorang yang nyaris atau hampir kehilangan nyawa.

Dari dua judul berita daring saja, kita bahkan tidak menyadari perbedaan keduanya dan begitupun dengan masyarakat yang sedikit bingung, dengan perbedaan kata nyaris dan hampir.

Kata hampir mengandung makna 'belum' dan mengisyaratkan bahwa peristiwa yang dimaksudkan itu selanjutnya dapat terjadi, kata nyaris cenderung dikaitkan dengan peristiwa yang tidak diinginkan.

Setelah memperhatikan pengertian dan perbedaan kata nyaris dan hampir, tentu semakin bertambah kan pengetahuan literasi kita.
 

Penulis : Dea Davina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:48
SEBANYAK 357 PEMUDIK DITES ANTIGEN DI POS PENYEKATAN DEPOK, DUA ORANG REAKTIF   PEBALAP MOTO 3 INDONESIA ANDI GILANG SUKSES TOREHKAN POIN PERDANA SETELAH FINIS DI POSISI KE-15 GP LE MANS, PERANCIS   JACK MILLER DAN JOHANN ZARCO OPTIMISTIS DUCATI PUNYA POTENSI SEBAGAI PENANTANG GELAR JUARA DUNIA MOTOGP MUSIM INI   TIMNAS INDONESIA SIAP HADAPI THAILAND, VIETNAM & PERSATUAN EMIRAT ARAB DI PUTARAN DUA KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022   PT KAI DAOP 1 MENGATAKAN RATA-RATA PENUMPANG SELAMA LARANGAN MUDIK HANYA 500-1.000 ORANG PER HARI   PT KCI CATAT STASIUN BOGOR ALAMI PENINGKATAN PENUMPANG DI HARI PERTAMA KERJA USAI LIBUR LEBARAN   POLISI BANGUN 9 POSKO TES COVID-19 GRATIS UNTUK PEMUDIK DI TANGERANG SELATAN   PENYIDIK SENIOR KPK NOVEL BASWEDAN SEBUT BANYAK PEGAWAI YANG TAK LOLOS TWK BELUM TERIMA SK BEBAS TUGAS   PARA PEGAWAI KPK YANG TIDAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN NYATAKAN AKAN TERUS LAKUKAN ADVOKASI   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: MULAI HARI INI ZIARAH KUBUR DIPERBOLEHKAN   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO CATAT REALISASI DANA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SUDAH CAPAI RP 172,5 TRILIUN   MENKES MINTA VAKSINASI COVID-19 DIPERCEPAT TERUTAMA BAGI LANSIA   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT ADA DUA KASUS POSITIF COVID-19 MUTASI BARU DI JAWA TIMUR   MENKES PASTIKAN KAPASITAS RUMAH SAKIT DAN OBAT-OBATAN SIAP HADAPI POTENSI LONJAKAN KASUS COVID-19