Kompas TV nasional wawancara

Lagi-lagi Jakarta Kebanjiran, Wagub DKI: 100 Triliun Tidak Cukup untuk Normalisasi Sungai

Sabtu, 20 Februari 2021 | 21:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan hingga Sabtu (20/2/2021) malam ada total 184 RT yang terdampak banjir dengan jumlah pengungsi sebanyak 372 KK.

Riza Patria menyebutkan ada tiga penyebab banjir di Jakarta, yaitu banjir lokal dengan intensitas hujan tinggi, banjir kiriman dari daerah lain, dan banjir rob.

“Itu tiga sumber kenapa di Jakarta masih banjir, di samping dataran rendahnya memang rendah dan muka tanahnya tiap tahun juga turun terus,” kata Riza saat dihubungi KompasTV, Sabtu (20/2/2021).

Adapun upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk menangani banjir ini, salah satunya ialah normalisasi sungai.

“Ada 13 sungai di Jakarta yang memang membutuhkan dana sangat besar sekali, 50 triliun 100 triliun pun tidak cukup melakukan program normalisasi di seluruh Jakarta,” paparnya.

Selain itu normalisasi, program naturalisasi juga terus digalakkan. Di samping itu, Riza juga menyebutkan sudah ada 729 pompa yang sudah disiapkan dengan penambahan tiap tahun. Selain itu, pemprov juga menyiapkan 257 eskavator dan 495 truk besar untuk optimalisasi daya tamping air.

Terkait bagaimana penanganan banjir di Jakarta sampai saat ini, simak pembahasannya bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Sedekah Di Masa Sulit

Jumat, 16 April 2021 | 09:18 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:59
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA