Kompas TV nasional peristiwa

LAPAN: Masyarakat Jakarta Waspada Mulai Jam 10 Malam Ada Kiriman Hujan

Kompas.tv - 20 Februari 2021, 20:10 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berdasarkan pantauan Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA), masyarakat dihimbau untuk mulai waspada pada dini hari dengan adanya kiriman air yang masuk dari Jakarta.

Peneliti Sains Atmosfer pada Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (LAPAN), Erma Yulihastin menjelaskan kiriman air ini berasal dari Selat Sunda yang sudah mulai masuk di wilayah pesisir Jawa bagian utara Jakarta.

“Mulai waspada itu mulai dari 22.00, 23.00, itu masyarakat itu udah mulai wah ini waktunya ini mungkin aka nada kiriman air datang dan sebagainya. Nah sampai jam berapa, ini pukul 04.00-05.00 WIB,” jelas Erma saat dihubungi KompasTV, Sabtu (20/2/2021).

Sementara itu Erma juga mengatakan pola curah hujan masih sama dan terus berulang hingga beberapa hari ke depan dengan intensitas yang tinggi terjadi pada dini hari.

“Dari sejak tanggal 18, 19, 20, 21, bahkan 22 itu selalu ada mekanisme hujan dini hari yang pick. Jadi pick itu maksudnya bahwa hujan itu terjadi secara maksimum,” sambungnya.

Lebih lengkap simak penjelasan dari Peneliti Sains Atmosfer pada Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (LAPAN), Erma Yulihastin.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x