Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jokowi Ajak Gotong Royong Pulihkan Ekonomi Nasional

Kompas.tv - 20 Februari 2021, 17:53 WIB
jokowi-ajak-gotong-royong-pulihkan-ekonomi-nasional
Dalam sambutannya di acara Imlek Nasional, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh pihak bersama-sama, bergotong royong memulihkan ekonomi nasional. (Sumber: Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh pihak bersama-sama, bergotong royong memulihkan ekonomi nasional.

Ajakan ini dikatakan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Imlek Nasional secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (20/2/2021).

"Kita semuanya harus bersama-sama, bergotong royong untuk pemulihan ekonomi nasional kita," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pemerintah telah bekerja keras memulihkan perekonomian nasional.

Saat ini pemerintah telah memberikan bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat bawah pada 2020, dan akan diteruskan pada 2021. Bansos ini akan membantu masyarkat memenuhi kebutuhannya, dan meningkatkan daya beli.

Begitu pula dengan program-program pemerintah lainnya yang bertujuan menggerakkan perekonomian dari lapisan masyarakat bawah.

"Baik itu bantuan sosial, PKH, subsidi gaji, kartu prakerja, bantuan produktif bagi UMKM. Semuanya di 2020 sudah diberikan. Sebagian besar nanti akan diteruskan di 2021," tutur Presiden.

Selain itu, pemerintah juga akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk rakyat. Menurut Jokowi, saat ini kesempatan kerja sangat dibutuhkan rakyat.

Jokowi mengaku sudah memerintahkan seluruh kementerian untuk menjalankan program padat karya sebanyak-banyaknya.

"Agar melalui APBN, APBD, pemerintah bisa membuka peluang kerja yang sebanyak-banyaknya," ucapnya.

Namun, kata Jokowi, kunci perluasan kesempatan kerja yang berkelanjutan ada pada para pelaku usaha. "Kuncinya di situ, bukan dari pemerintah."

Karena menurutnya, perluasan lapangan kerja dari dunia usaha akan berkelanjutan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x