Kompas TV internasional kompas dunia

Bayi Kuskus Beruang Asal Indonesia Lahir di Kebun Binatang Polandia

Kompas.tv - 20 Februari 2021, 00:04 WIB
bayi-kuskus-beruang-asal-indonesia-lahir-di-kebun-binatang-polandia

Duzy, kuskus beruang betina asal Indonesia bersama bayinya di Kebun Binatang Wroclaw di Wroclaw, Polandia. Foto diambil pada Selasa (16/2). (Sumber: Kebun Binatang Wroclaw via AP)
Penulis : Vyara Lestari

WARSAWA, KOMPAS.TV – Seekor marsupial yang juga dikenal dengan sebutan kuskus beruang telah lahir di Kebun Binatang Wroclaw di Wroclaw, Polandia. Associated Press melaporkan, ini merupakan kelahiran marsupial yang ke-14 sejak 2016 saat kebun binatang itu memperoleh sepasang kuskus dari hasil sitaan para penyelundup satwa liar dari tempat asalnya di Indonesia.

Kebun binatang Wroclaw mengklaim sebagai satu-satunya tempat di dunia yang berhasil mengembangbiakkan spesies yang terancam punah itu di penangkaran.

Baca Juga: Lepas dari Kebun Binatang dan Terkam Sang Pawang, 2 Harimau di Singkawang Kini Sudah Ditemukan

Bayi kuskus beruang (Ailurops ursinus) yang diyakini berkelamin jantan ini pertama kali meninggalkan kantung induknya, Duzy, pada akhir Desember lalu. Para pengasuh kuskus beruang yang mengetahui bahwa Duzy tengah hamil sejak Juli tahun lalu, lega. Lantaran, tahap kehamilan kuskus beruang terbilang merupakan fase yang sangat rapuh bagi binatang berkantung ini.

Menurut data Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan, anak kuskus beruang lahir dalam keadaaan sangat kecil (prematur) dan akan langsung menuju kantung induknya dan dibesarkan sekitar 8 bulan. Setelah itu, anak kuskus beruang akan keluar dan hidup di luar kantung bersama induknya sampai bisa mandiri.

Baca Juga: Gorila di Kebun Binatang San Diego Positif Covid-19

Ini merupakan bayi kuskus beruang ke-4 bagi Duzy dan pasangannya, Garetto, yang berusia 6 tahun.

Kuskus beruang – bukan beruang sama sekali – merupakan binatang tertutup. Itu sebabnya, hanya segelintir pengasuh yang diizinkan berada di dekat mereka, dan akses pengunjung terhadap mereka ditutup.

“Sejak awal, kami mengamati kuskus-kuskus kami dengan seksama dan hati-hati, dan merekam semuanya – perilaku individu, interaksi, kegiatan, kebiasaan makan, dan bahkan menganalisa pergerakan usus mereka,” terang presiden kebun binatang, Radoslaw Ratajszczak.

Baca Juga: Hanya Binatang Ini Yang Berani Hadang Petugas Patroli Laut

“Kami juga berupaya memberikan mereka ketenangan dan kebebasan sebanyak mungkin. Itu sebabnya, kami menempatkan mereka di fasilitas yang hanya boleh diakses oleh segelintir karyawan, dan pengunjung sama sekali tidak diizinkan mendekat,” tambahnya.

Kuskus beruang memiliki habitat asli di hutan hujan di Sulawesi, Indonesia. Mamalia berkantung ini menyantap dedaunan, bunga dan buah-buahan mentah sebagai makanan utama mereka. Seekor kuskus beruang dewasa dapat berbobot hingga 10 kilogram.

Hanya sekitar 14 ekor yang tinggal dalam penangkaran di kebun binatang di Belgia, Republik Chechnya, Amerika Serikat (AS) dan Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x