Kompas TV regional berita daerah

Donor Darah Saat Pandemi, Dijamin Aman Oleh PMI

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 13:51 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Denpasar, KOMPASTV - Saudara, pandemi covid 19 berdampak terhadap segala bidang. Termasuk ketersediaan darah yang dimiliki oleh pmi bali. Para pendonor reguler yang biasa mendonorkan darahnya, enggan untuk datang berdonor. Selain khawatir akan tertular virus corona, kecemasan juga datang dari alat yang digunakan untuk proses donor darah.

Berdasarkan data pmi bali dalam sehari rata-rata membutuhkan hingga 160 kantong darah dari berbagai golongan darah, Sebelum pandemi kebutuhan tersebut terpenuhi, namun saat pandemi sangat menurun jauh. Rata-rata dalam sehari pmi hanya mendapatkan 60 kantong darah. Golongan darah ab termasuk golongan darah yang sulit. Berbagai cara dilakukan pmi bali untuk meningkatkan ketersediaan darah. Seperti donor darah dengan sistem jempu bola, dimana pmi yang mendatangi lokasi warga yang berdonor, atau dengan aksi kemanusiaan.

Ketua perhimpunan donor darah indonesia, PDDI daerah bali membenarkan penurunan ketersediaan stok darah, ia juga menjelaskan, berdonor darah saat pandemi covid 19, sangat aman. Mulai dari prosedur donor, hingga peralatan yang digunakan.

Setetes darah sangat berarti bagi kehidupan. Mengingat pentingnya darah untuk yang membutuhkan aksi kemanusiaan pun hadir. Seperti aksi yang dilakukan ikatan alumni stp bandung komda bali. Aksi donor darah ini pun sangat memperhatikan protokol kesehatan, yang tujuannya tak lain menolong sesama.i kula resto , kerobokkan badung, dalam aksi ini 25 kantong darah terkumpul, yang disumbangkan oleh ikatan alumni dan masyarakat.

#donordarah #pmi #donordarahsaatpandemi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x