Kompas TV regional berita daerah

Uji Klinis Tahap Kedua Vaksin Nusantara

Kompas.tv - 17 Februari 2021, 13:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Kariadi Semarang pada Selasa (16/2/2021) melakukan uji klinis tahap kedua vaksin nusantara. Vaksin nusantara ini dikembangkan oleh Universitas Diponegoro Semarang bersama dengan perusahaan asal Amerika Serikat Aivita Biomedical Inc.

Penelitian vaksin ini diinisiasi di era mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Vaksin nusantara adalah vaksin personal berbasis sel dendritik. Sel tersebut berperan dalam sistem imun tubuh yang akan membentuk antibodi melawan Covid-19. Vaksin ini menurut rencana bisa disuntikkan kepada pasien dengan penyakit penyerta atau komorbid.

Sementara itu, Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat Dokter Kariadi Semarang untuk memastikan perkembangan uji klinis tahap kedua vaksin nusantara.

Wakil Ketua DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena menyambut baik adanya vaksin produk lokal ini. Pihaknya berharap dengan adanya vaksin nusantara bisa membantu pemerintah membebaskan wabah Covid -19.

Pada uji klinis tahap pertama vaksin produk lokal ini sudah diuji coba kepada 27 orang. Diharapkan pada uji klinis tahap kedua vaksin nusantara berjalan lancar, sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

#VaksinNusantara #RSUPDokterKariadi #TerawanAgusPutranto

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x