Kompas TV regional peristiwa

Polri Tambah Ratusan Pasukan Brimob untuk Hadapi KKB di Papua

Kompas.tv - 17 Februari 2021, 13:30 WIB
polri-tambah-ratusan-pasukan-brimob-untuk-hadapi-kkb-di-papua
Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo saat melepas 100 Brimob bertugas ke Puncak Jaya, Papua untuk mengatasi serangan KKB. (Sumber: Suwandi/KOMPAS.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAMBI, KOMPAS TV - Polri kembali menambah jumlah pasukan untuk menghadapi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Puncak Jaya, Papua.

Kali ini terdapat 100 personel Brigade Mobil atau Brimob yang dikirimkan ke Papua. Mereka diketahui berasal dari Polda Jambi.

Baca Juga: KKB Disebut Berhasil Rekrut Masyarakat Sipil Jadi Anggota

Kapolda Jambi, Irjen A Rachmad Wibowo, mengatakan pihaknya berpesan kepada 100 pasukan Brimob untuk berhati-hati dalam menjalankan tugasnya di Papua.

Selain itu, Rachmad juga mengingatkan kepada para personel Brimob yang diberangkatkan untuk tidak melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM). 

"Harus menghormati hak asasi manusia dan berhati-hati dalam bertugas," kata Irjen Rachmad di Makosat Brimob Jambi, Selasa (16/2/2021), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Terjadi Lagi Baku Tembak TNI dan KKB Papua, 1 Prajurit Tewas

Rachmad menambahkan, para personel Brimob dari Polda Jambi ini nantinya akan berada di bawah kendali operasi (BKO) Polda Papua selama bertugas di daerah konflik KKB.

Lebih lanjut, Kapolda Jambi juga mengingatkan terkait budaya di sana yakni dengan mendorong para personelnya untuk menghargai keluhuran nilai-nilai masyarakat Papua.

"Saya mohon betul kepada saudara-saudara yang bertugas, agar lebih bijak dan memahami isu yang berkembang," kata Rachmad.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x