Kompas TV video cerita indonesia

Mahfud MD: Sejak Zaman Pak JK Banyak Kritik Bersliweran dan Pemerintah Dilema Menindak

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 10:36 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud MD menjawab tanggapan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenai kritikan pemerintah tanpa dipanggil polisi.

Mahfud jelaskan, sejak dulu ada dilema dialami pemerintah dalam menghadapi kritik yang dilancarkan kelompok tertentu.

"Menurut saya sejak dulu itu ada dilema bagaimana agar orang mengkritik itu tidak dipanggil polisi karena sejak zaman Pak JK aktif di wakil presiden, masih menjadi wakil presiden kritik juga berseliweran dan pemerintah dihadapkan pada dilema. Kalau ditindak dibilang diskriminatif, kalau tidak ditindak itu menjadi liar," kata Mahfud dalam rekaman video yang diterima Tim Kompas.TV, Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: Mahfud Sindir Balik Jusuf Kalla: Keluarga Pak JK juga Lapor Polisi, Siapa Itu?

Mahfud memahami pernyataan JK tersebut bukan berarti jika masyarakat menyampaikan kritik maka aka dipanggil polisi, karena Presiden Jokowi juga telah tekankan untuk mempersilahkan masyarakat untuk sampaikan kritik jika diperlukan bagi pemerintah.

"Silakan kritik karena pemerintahan yang sehat, pemerintahan demokratis yang sehat itu yang memang terbuka terhadap kritik," ujar Mahfud.

Sebelumnya Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta masyarakat terus mengkritik pemerintah. Dan menurutnya harus diupayakan agar kritik terhadap pemerintah tidak berujung pada pemanggilan oleh kepolisian.

Baca Juga: Mahfud MD Ingatkan Zaman JK juga Banyak Pengkritik Pemerintah Ditangkap: Inilah Demokrasi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x