Kompas TV entertainment lifestyle

Hari Valentine Identik dengan Cokelat, Mengapa?

Kompas.tv - 14 Februari 2021, 10:32 WIB
hari-valentine-identik-dengan-cokelat-mengapa
Ilustrasi cokelat Hari Valentine. (Sumber: Pexels/Lisa Fotios)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tanggal 14 Februari merupakan momen yang dikenal dengan Hari Valentine atau Valentine Day.

Hari Valentine biasanya dirayakan dengan memberikan hadiah kepada orang tersayang. Hadiah yang diberikan biasanya berupa bunga mawar atau cokelat.

Mengapa cokelat identik dengan Hari Valentine?

Dilansir dari Independent via Kompas.com, Minggu (14/2/2021), Professor Rebecca Earle dari Warwick University mengatakan bahwa cokelat dianggap sebagai alat rayuan pada era Victoria.

Pada masa itu, laki-laki yang akan melamar perempuan menggunakan cokelat sebagai cara menyatakan perasaannya. Hal ini juga diadaptasi para pengiklan yang mendorong cokelat sebagai simbol kasih sayang.

Baca Juga: Ini Alasan Bunga Mawar Merah Identik dengan Hari Valentine

Tak cuma cokelat, para laki-laki yang akan memberikan cokelat kepada pasangannya juga memerhatikan kotak cokelat sebagai wadah.

Lagi-lagi, pengiklan melihat sebagai peluang dengan memberikan anggapan bahwa semakin mahal kotak cokelat yang digunakan, menandakan semakin dalam perasaan cinta dan kasih sayang di pemberi cokelat.

Seriring berjalannya waktu, produsen cokelat pun memproduksi cokelat kemasan dalam jumlah besar dari beragam jenis cokelat, mulai dari cokelat bonbon yang sederhana hingga cokelat premium yang dikemas dengan pita hingga menyerupai pakaian perempuan di era Victoria.

Sejarawan pada masa itu juga menyoroti kemiripan antara desain kotak cokelat yang rumit dengan lapisan renda, crinolin dan sutra pakaian perempuan.

Baca Juga: Tak Melulu Cokelat, Intip 5 Ide Kado Valentine Anti-Mainstream Ini

Cokelat dianggap sebagai simbol kasih sayang ini membuat perempuan pada masa itu diingatkan utuk tidak menerima cokelat dari sembarang laki-laki yang tidak memiliki hubungan dengan mereka.

Perempuan yang memberikan cokelat kepada laki-laki pada masa itu juga dianggap tabu. Namun, ketabuan ini seiring zaman pudar hingga perayaan Hari Valentine mulai dilakukan di beberapa daerah, salah satunya di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, perayaan Hari Valentine dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tak melulu memberikan hadiah berupa bunga maupun cokelat.

Kado Hari Valentine bisa lebih bervariasi dan spesifik berupa sesuatu yang disukai pasangan masing-masing.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x