Kompas TV internasional kompas dunia

Universitas Oxford dan AstraZeneca Segera Uji Klinis Vaksin Covid-19 Kepada Anak-Anak

Kompas.tv - 13 Februari 2021, 21:18 WIB
universitas-oxford-dan-astrazeneca-segera-uji-klinis-vaksin-covid-19-kepada-anak-anak
Vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca dan Universitas Oxford. Pengembang vaksin Covid-19 Inggris, AstraZeneca dan Universitas Oxford akan melakukan uji klinis penggunaan vaksin mereka kepada anak-anak usia 6 hingga 17 tahun.  (Sumber: AP Photo/Frank Augstein, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo

LONDON, KOMPAS.TV - Pengembang vaksin Covid-19 Inggris, AstraZeneca dan Universitas Oxford akan melakukan uji klinis penggunaan vaksin mereka kepada anak-anak usia 6 hingga 17 tahun. 

Seperti dilansir Kompas.com, Sabtu, (13/02/2021), para peneliti akan menggunakan 300 sukarelawan anak untuk menguji keefektifan vaksin Oxford/AstraZeneca Covid-19 pada anak-anak berusia antara 6 hingga 17 tahun.

Uji klinis ini akan menilai apakah vaksin, yang dikenal sebagai vaksin ChAdOx1 nCoV-19 ini, akan menghasilkan respons imun yang kuat pada anak-anak dalam kelompok usia tersebut.

Vaksin Oxford/AstraZeneca adalah satu dari tiga yang telah disetujui untuk digunakan pada orang dewasa di Inggris, bersama dengan yang dari Pfizer/BioNTech dan Moderna.

“Meskipun sebagian besar anak relatif tidak terpengaruh oleh virus corona dan tidak mungkin menjadi tidak sehat dengan infeksi, penting untuk menetapkan keamanan dan respons kekebalan vaksin pada anak-anak dan remaja karena beberapa anak dapat memperoleh manfaat dari vaksinasi,” kata Andrew Pollard, profesor infeksi dan kekebalan pediatrik, dan kepala penyelidik pada uji coba vaksin Oxford.

Baca Juga: Penasihat Ahli WHO Rekomendasikan Penggunaan Vaksin AstraZeneca

Menurutnya, percobaan baru ini akan memperluas pemahaman kita tentang pengendalian SARS-CoV2 ke kelompok usia yang lebih muda.

Melansir Daily Mail pada Sabtu (13/2/2021), vaksinasi pertama dalam uji coba akan dilakukan bulan ini. Sebanyak 240 anak menerima vaksin dan yang lainnya menerima suntikan meningitis kontrol.

Awal pekan ini, wakil kepala petugas medis Inggris mengatakan “beberapa” uji coba sedang dilakukan untuk mengembangkan vaksin yang aman dan efektif pada anak-anak.

Profesor Jonathan Van-Tam mengatakan kepada ITV News: “Sangat mungkin kami akan memiliki beberapa vaksin anak-anak berlisensi untuk Covid-19 pada akhir tahun ini."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x