Kompas TV nasional agama

Puasa Bulan Rajab Mulai Hari Ini, Sabtu, 13 Februari 2021: Niat, Doa, dan Keutamaan Bulan Rajab

Kompas.tv - 13 Februari 2021, 09:31 WIB
puasa-bulan-rajab-mulai-hari-ini-sabtu-13-februari-2021-niat-doa-dan-keutamaan-bulan-rajab
Ilustrasi membaca niat puasa. Umat Islam akan memasuki bulan Rajab, salah satu bulan yang dimuliakan. Menurut perhitungan kalender Hijriyah, 1 Rajab 1442 H jatuh pada hari ini, Sabtu (13/02/2021). umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, zikir, sedekah, dan doa menjelang serta selama bulan Rajab (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Umat Islam saat ini memasuki bulan Rajab, salah satu bulan yang dimuliakan. Menurut perhitungan kalender Hijriyah, 1 Rajab 1442 H jatuh pada hari ini, Sabtu (13/02/2021).

Seperti dilansir Tribunnews, bulan Rajab adalah bulan yang dimuliakan bersama dengan bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram. Oleh karenanya, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, zikir, sedekah, dan doa.

Termasuk menjalankan puasa Rajab mulai Sabtu (13/2/2021) hari ini dan selama bulan Rajab ini.

Sebagaimana dengan ibadah yang lain, menunaikan puasa juga harus disertai dengan adanya niat puasa.

Niat menjadi rukun yang harus dilakukan. Niat merupakan itikad tanpa ragu untuk melaksanakan sebuah perbuatan.

Meskipun niat menjadi urusan dalam hati, melafalkannya akan membantu seseorang untuk menegaskan niat tersebut.

Dikutip Tribunnews dari islam.nu.or.id, terdapat dua niat puasa sunnah Bulan Rajab yakni dilafalkan di malam hari dan siang hari.

Berikut ini niat puasa Bulan Rajab di malam hari:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Apabila seseorang ingin menunaikan puasa Bulan Rajab di siang hari tapi tak sempat melafalkan di malam hari maka berikut bacaannya:

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.”

Masih mengutip dari sumber yang sama, kewajiban niat di malam hari berlaku untuk puasa wakib.

Sementara niat puasa sunnah bisa dilalukan di siang hari selama orang tersebut tidak makan, minum, serta melanggar hal-hal yang membatalkan puasa sejak subuh.

Nabi Shalallahu alaihi wa sallam telah mengajarkan kita bahwa bersedekah tidaklah harus selalu dilakukan dengan harta (Sumber: Hebert Santos, Pexels)

Keistimewaan Puasa di Bulan Rajab

Ada banyak keistimewaan yang didapat umat Islam bila berpuasa pada bulan Rajab. Berikut enam keistimewaan puasa di Bulan Rajab sebagaimana dikutip dari kudus.kemenag.go.id:

  1. Melaksanakan puasa sebulan. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan.", "Bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam.", "Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga."Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya." (HR.At-Thabrani)
  2. Mencatat amalnya selama 60 bulan. Rasulullah SAW bersabda, "barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan." (Abu Hurairah)
  3. Apabila puasa selama 7 hari pada bulan Rajab, maka akan menutup pintu neraka baginya.
  4. Apabila puasa selama 8 hari pada bulan Raja, maka akan membuka 8 pintu surga untuknya.
  5. Apabila puasa selama 10 hari pada bulan Rajab, maka akan menghapus dosa dosanya dan diganti dengan kebaikan
  6. Apabila puasa sehari pada bulan Rajab maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga. Rasanya manis melebihi madu. Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut."
Berkata Wuhaib rahimahullah, Kami telah memperhatikan di dalam hadits-hadits dan nasehat ini, maka kami tidak mendapati ada sesuatu yang paling melembutkan hati dan mendatangkan kesedihan dibandingkan bacaan Al Quran, memahami dan mentadabburinya. (Sumber: agung pribadi)

Bulan Rajab begitu dinanti umat Islam karena banyaknya keistimewaan yang terkandung di dalamnya. Bahkan dari namanya saja sudah menunjukkan, bulan Rajab begitu dihormati.

Dikutip dari bogor-kota.muhammadiyah.or.id, Rajab berasal dari kata tarjib yang memiliki arti 'terhormat.' Tak heran jika setiap muslim begitu mengharapkan bulan ini segera datang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x