Kompas TV internasional kompas dunia

China Klaim Covid-19 di Wuhan Berasal dari Makanan Beku yang Diimpor

Kompas.tv - 11 Februari 2021, 20:52 WIB
china-klaim-covid-19-di-wuhan-berasal-dari-makanan-beku-yang-diimpor
Marion Koopmans (kanan) dan Peter Ben Embarek (tengah) dari tim WHO. Sedangkan ahli dari China, Liang Wannian, duduk di sebelah kiri. Tim ahli WHO dan China melakukan konferensi pers tentang studi bersama antara WHO dan China untuk menyelidiki asal usul virus corona di Wuhan, Selasa, 9 Februari 2021. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Rizky L Pratama

WUHAN, KOMPAS.TV - Otoritas Cina mengklaim, Covid-19 yang berada di Wuhan kemungkinan berasal dari makanan beku yang diimpor.

Negeri Tirai Bambu tersebut langsung menangguhkan impor produk makanan beku, setelah ada bukti virus corona datang ke Pasar Seafood Huanan melalui cara ini.

Baca Juga: Apa Saja Yang Berhasil Diungkap Tim WHO di Wuhan Soal Covid-19? Ini Fakta-Faktanya.

Badan kesehatan setempat mengklaim, bahwa corona berasal dari makanan beku, termasuk kepala babi dan boga bahari.

Dalam konferensi pers pada Selasa (9/2/2021), Cina mengklaim teori "transmisi cold-chain" dibahas secara intensif.

Temuan itu bahkan dipresentasikan oleh tim berisi pakar peneliti internasional yang ditugaskan Badan Kesehatan Dunia ( WHO) ke Wuhan. 

Baca Juga: Tim Ahli WHO Kunjungi Laboratorium Virus di Wuhan Untuk Selidiki Asal Usul Virus Corona

"SARS-Cov-2 bisa tahan di kondisi yang ditemukan di pengemasan produk makanan beku," kata pejabat Komisi Kesehatan Nasional China, Liang Wannian.

Jika teori tersebut benar, temuan itu mendukung klaim dari Beijing bahwa Covid-19 berasal dari luar Wuhan dan ada sebelum Desember 2019. 

Pada Juni 2020 silam, "Negeri Panda" kembali mengalami peningkatan kasus virus corona setelah 55 hari minim kasus di pasar grosir makanan. 

Baca Juga: Penyelidik WHO: Virus Corona Bukan Berasal Dari Kebocoran Laboratorium di China

Penyebaran itu sempat membuat pemerintah setempat menerapkan lockdown parsial. Kemudian dilakukan investigasi dan ditemukan kesamaan genetik infeksi dan sisa virus di salmon beku.
 
Pemerintah setempat kemudian memberikan klaim lain, bahwa temuan termasuk juga kepala babi beku yang diimpor dari Amerika Utara.

Mereka juga menyebut dua pekerja di kota pelabuhan Tianjin sudah terpapar melalui kepala binatang, yang dilansir Daily Star Rabu (10/2/2021). 

Meski begitu, pejabat setempat tidak menyebut apakah kepala binatang itu juga positif terinfeksi virus corona. 

Baca Juga: Tim Investigasi WHO: Kemungkinan Virus Covid-19 Sudah Menyebar Lebih Dulu Sebelum di Wuhan

Daniel Lucey, pakar penyakit menular di Pusat Medis Universitas Georgetown AS berujar, teori makanan beku masih harus membutuhkan studi lanjutan.  

"Dari semua pasar seafood di China, Asia, dan seluruh dunia, kenapa produk itu menyebabkan wabah di Wuhan?" tanya Lucey. 

Kemudian pendapat itu mendapat respons oleh Dale Fisher, pakar penyakit menular di National University of Singapore di Singapura. 

Fisher menjelaskan sangat masuk akal jika tim penyelidik dari WHO memikirkan teori tersebut. 
Namun, dia juga mengakui bahwa susah untuk mengetahui adanya penyebaran virus di luar Wuhan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x