Kompas TV internasional kompas dunia

Bertemu Menlu Palestina, Retno Marsudi Tegaskan Kembali Komitmen Indonesia

Kompas.tv - 10 Februari 2021, 20:06 WIB
bertemu-menlu-palestina-retno-marsudi-tegaskan-kembali-komitmen-indonesia
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima kunjungan Menlu Palestina Riyad Al-Maliki Amman (Sumber: dok Kemlu)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima kunjungan Menlu Palestina Riyad Al-Maliki Amman, Rabu (10/2/2021).

Dalam sambutannya, Menlu Al-Maliki mengapresiasi dukungan Indonesia terhadap Palestina.

Menurut Riyad, dukungan terhadap Palestina bukan hanya dilakukan oleh pemerintah dan perlemen, rakyat Indonesia juga ikut mendukung Palestina.

"Kami sangat menghargai dukungan semua orang Indonesia, menunjukkan dukungan, komitmen untuk perjuangan Palestina," ujarnya.

Baca Juga: Palestina Terima 10.000 Dosis Vaksin Corona Sputnik V Rusia

Menlu Al-Maliki mengatakan, pihaknya juga sudah mendengar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mengirimkan surat untuk Hari Solidaritas Internasional Rakyat Palestina.

Bahkan, Menlu Retno juga pada awal tahun 2021 telah mengungkapkan posisi Indonesia dalam hal politik luar negeri dan diplomatiknya kepada Palestina.

"Palestina selalu mendapat tempat dalam politik luar negeri Indonesia. Belum lagi ketika Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan," ujar Menlu Al-Maliki.

Selain itu, kata dia, ketika Presiden Mahmoud Abbas menelepon Presiden Jokowi pun komitmen dan kepuasan Palestina terhadap Indonesia sudah sangat jelas.

Baca Juga: Palestina dan Amerika Serikat Kembali Saling Berkomunikasi, Menyusul Kebijakan Baru Joe Biden

Oleh karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi pekerjaan, komitmen, dan koordinasi yang dilakukan dengan Indonesia untuk mendukung Palestina.

"Terima kasih Presiden Jokowi atas komitmen dan dukungan Anda. Saya tahu Anda mengalami masa-masa sulit di masa lalu dan Anda menolak semua jenis tekanan dalam hal komitmen Anda untuk Palestina yang melampaui tekanan apa pun," kata dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x