Kompas TV nasional viral

Profil Dewi Soekarno, Istri Kelima Presiden Soekarno yang Kini Tinggal di Jepang

Kompas.tv - 9 Februari 2021, 19:33 WIB
profil-dewi-soekarno-istri-kelima-presiden-soekarno-yang-kini-tinggal-di-jepang
Profil Dewi Soekarno, istri kelima Presiden Soekarno yang kini tinggal di Jepang. (Sumber: Instagram/@dewisoekarnoofficial)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV – Nama Ratna Sari Dewi Soekarno alias Dewi Soekarno kini menjadi perhatian publik usai dirinya menghadiri acara pemakaman menantunya, Frits Frederik Seegers.

Frits Frederik Seegers merupakan suami dari anak semata wayangnya, Kartika Sari Dewi Soekarno. Frits meninggal dunia kemarin Rabu (3/2/2021) di Bali.

Dewi Soekarno yang kini menetap di Jepang pun terbang ke Bali untuk menghadiri pemakaman menantunya.

Dewi Soekarno didampingi anak dan cucunya yang bernama Frederik Kiran Soekarno Seegers menjemput jenazah Frits di RSUD Bali Mandara, Senin (8/2/2021).

Baca Juga: Suasana Duka, Dewi Soekarno Kenakan Kebaya Hitam Disambut Langsung Gubernur Bali

Lantas, siapakah Dewi Soekarno? Berikut profilnya, dirangkum dari berbagai sumber.

Pemilik nama asli Naoko Nemoto ini merupakan istri kelima Presiden Soekarno. Dewi Soekarno lahir di Tokyo, Kekaisaran Jepang, pada 6 Februari 1940.

Dewi Soekarno memiliki cita-cita untuk menjadi seorang bintang sejak usianya yang masih belia.

Ia sempat berhenti sekolah dan bekerja di sebuah klub tempat dirinya belajar menyanyi dan menari.

Perempuan berusia 81 tahun ini menikah dengan Presiden Soekarno pada umur 22. Keduanya bertemu saat Dewi Soekarno berusia 19 tahun, dimana pada saat itu sang Presiden telah berumur 57 tahun.

Presiden Soekarno pada saat itu sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang dan bertemu dengan Dewi di sebuah bar. Diketahui, keduanya terlibat cinta pada pandangan pertama.

Baca Juga: Hadiri Sidang Cerai Kedua Tanpa Niko Al Hakim, Rachel Vennya Terlihat Banyak Diam

Meski Presiden Soekarno sudah menikah dan memiliki istri, Dewi Soekarno pun akhirnya berangkat ke Indonesia dan menikah dengan Presiden.

Setelah menikah, Soekarno memberinya nama Indonesia yakni Ratna Sari Dewi. Melalui pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai seorang putri bernama Kartika.

Pernikahan Dewi dengan Soekarno hanya berlangsung selama 8 tahun, yakni tahun 1962 hingga 1970.

Setelah meninggalnya Soekarno, Dewi pun dikabarkan pindah ke berbagai negara di Eropa termasuk Swiss, Prancis, dan Amerika Serikat. Hingga pada 2008, ia menetap di Shibuya Tokyo hingga hari ini.

Ia juga aktif di bisnis pertunjukan Jepang serta menggeluti bisnis kecantikan dan perhiasan. Dewi Soekarno juga tercatat pernah menjadi juri di kontes kecantikan Jepang, yakni Miss Internasional 2005 di Tokyo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x