Kompas TV internasional kompas dunia

Tiga Pendaki Hilang di Gunung Pembunuh K2, Terakhir Terlihat di Area Paling Berbahaya Bottleneck

Kompas.tv - 8 Februari 2021, 06:00 WIB
tiga-pendaki-hilang-di-gunung-pembunuh-k2-terakhir-terlihat-di-area-paling-berbahaya-bottleneck
K2, gunung berketinggian 8.611 mdpl yang merupakan gunung tertinggi kedua di dunia. (Sumber: Shutterstock / Lian Deng)
Penulis : Vyara Lestari

ISLAMABAD, KOMPAS.TV – Upaya pencarian atas tiga pendaki yang dilaporkan hilang di gunung kedua tertinggi di dunia, K2, akan dilanjutkan pada hari Senin ini (8/2).

Tiga orang pendaki dilaporkan hilang di K2, yakni Ali Sadpara asal Pakistan, John Snorri dari Islandia dan Juan Pablo Mohr dari Chile. Ketiganya dilaporkan hilang kontak dengan base camp pada Jumat malam (5/2) seusai tim pendukung mereka tak lagi menerima komunikasi dari ketiganya. Sadpara, Snorri dan Mohr tengah mendaki gunung berketinggian 8.611 meter di atas permukaan laut (mdpl) di tengah musim dingin tahun ini.

Baca Juga: Pendaki Rinjani Tewas Terpeleset ke Jurang, Pencarian Terhambat Cuaca dan Sulitnya Jalur

Pihak militer Pakistan menyatakan, pencarian lewat jalan darat juga dikerahkan melalui base camp K2. Karrar Haideri, petinggi Alpine Club di Pakistan, mengatakan, helikopter militer akan kembali dikerahkan untuk melakukan pencarian yang sudah dilakukan sejak hari Sabtu.

Pendaki Pakistan Ali Sadpara (kiri) berpose bersama Karrar Haider, petinggi Alpine Club Pakistan. Foto diambil pada 2018. (Sumber: Alpine Club of Pakistan via AP)

Di tengah hadangan cuaca ekstrim yang bisa tiba-tiba berubah, helikopter militer melakukan proses pencarian dengan menyisir sejumlah jalur yang biasa dilalui para pendaki, seperti rute Abruzzi Spur. Namun, sejauh ini tidak ditemukan jejak ketiganya. Helikopter mampu terbang hingga ketinggian maksimum 7.800 mdpl. Namun, keberhasilan upaya pencarian sangat bergantung pada kondisi cuaca.

Pendakian Musim Dingin Lebih Berbahaya

K2, yang terletak di kawasan pegunungan Karakorum, merupakan salah satu gunung yang paling berbahaya untuk didaki. Bulan lalu, tim yang terdiri dari 10 pendaki Nepal berhasil menggapai puncak K2 pertama kali di musim dingin.

Baca Juga: 10 Pendaki Ini Cetak Rekor, Capai Puncak Gunung K2 di Musim Dingin

“Base camp tidak menerima sinyal apapun dari Sadpara dan dua rekannya setelah ketinggian 8.000 meter. Upaya pencarian sudah dimulai dan mari berdoa demi keselamatan mereka,” ujar Haideri seperti dikutip dari Associated Press.

Kementerian Luar Negeri Pakistan menyatakan, Menteri Luar Negeri Islandia Gudlaugur Thor Thordarson telah menghubungi Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi melalui telepon. Qureshi meyakinkan koleganya bahwa Pakistan akan mengerahkan segala daya upaya untuk mencari para pendaki yang hilang.

Pendaki Islandia John Snorri (kedua dari kiri, barisan depan) berfoto bersama anggota timnya dan Karrar Haider (tengah barisan depan). Foto diambil pada 8 Januari 2020. (Sumber: Alpine Club of Pakistan via AP)

Sadpara dan timnya meninggalkan base camp pada 3 Februari, sebulan setelah upaya mendaki gunung K2 gagal terkendala cuaca buruk.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x