Kompas TV video cerita indonesia

Jangan Sembarangan, Ini Cara Buang Masker yang Benar

Kompas.tv - 7 Februari 2021, 12:25 WIB
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV – Dalam mencegah penularan Covid-19, masyarakat diwajibkan memakai masker dalam beraktivitas sehari-hari. Jenis masker yang digunakan secara umum adalah masker kain 3 lapis dan masker medis.

Masker medis termasuk ke dalam jenis masker sekali pakai, dan harus langsung dibuang setelah digunakan. Namun, membuang masker sekali pakai secara sembarangan dapat berbahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup lainnya.

Cara paling efektif untuk membuang masker sekali pakai adalah membuangnya di fasilitas pengolahan limbah medis. Untuk masyarakat umum yang sehari-hari menggunakan jenis masker ini, bisa mengikuti Langkah-langkah berikut untuk membuang masker sekali pakai dengan benar dan aman:

Cuci tangan sebelum membuang masker.

Lepas masker melalui bagian tali dari belakang telinga. Jangan menyentuh bagian depan masker saat melepasnya.

Lipat masker sehingga bagian yang terkena droplet ada di bagian dalam lipatan.

Semprot menggunakan cairan desinfektan.

Rusak masker dengan menggunting dan memutus tali pengait. Hal ini dimaksudkan agar setelah dibuang, masker bekas pakai tidak disalahgunakan.

Setelah dirusak, segera buang masker ke dalam tempat sampah tertutup, atau dibuang terpisah dengan dimasukkan ke dalam kantung plastik berlabel limbah infeksius.

Jangan lupa mencuci tangan kembali setelah membuang masker.

Ingat untuk mengganti masker setiap 4 jam sekali. Tetap jaga kesehatan dan selalu melaksanakan 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.(*)

Video Editor: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x