Kompas TV video cerita indonesia

Kembali Blusukan, Risma Kunjungi Pemulung di Kalibaru Cilincing

Kompas.tv - 3 Februari 2021, 23:20 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi permukiman pemulung di kawasan Cilincing, Jakarta Utara.

Risma sempat menyaksikan bagaimana para pemulung ini menjual barang rongsokan ke pihak pengepul. Risma mengatakan kunjungannya ke tempat ini atas petunjuk Presiden Joko Widodo agar memperhatikan kehidupan warga di sini.

Mayoritas warga yang menggantungkan pendapatannya dengan cara memulung ini rencananya akan direlokasi ke rumah susun yang direncanakan akan dibangun oleh kementerian PUPR.

Risma juga berencana menyalurkan warga yang masih berusia muda untuk bekerja yang lebih layak.

Risma juga mengajak mereka untuk sementara ikut pindah ke Balai Rehabilitasi Sosial di Bekasi, Jawa Barat untuk bisa mengasah keterampilan warga masing-masing agar memiliki penghasilan lain.

"Makanya yang kita lakukan adalah, di Balai itu mereka bukan cuma kita asramakan. Tapi di situ kemudian kita ajarkan mereka untuk bisa mendapatkan akses ekonomi yang lebih baik," ujar Risma.

Rencananya ditempat tersebut akan dilakukan pembangunan menjadi bendungan.

"Rencananya kita dengar kawasan ini juga mau dipakai untuk dam. Nah, mereka kan kasihan kalau nanti waktunya tiba-tiba (dipindahkan) begitu kan," kata Risma.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x