Kompas TV internasional kompas dunia

Kepergok Kongkow di Bar Saat Darurat Corona, Anggota Parlemen Jepang Mengundurkan Diri

Kompas.tv - 2 Februari 2021, 13:50 WIB
kepergok-kongkow-di-bar-saat-darurat-corona-anggota-parlemen-jepang-mengundurkan-diri
Masyarakat beraktivitas di kota Tokyo, Jepang. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Tito Dirhantoro

TOKYO, KOMPAS TV - Seorang anggota senior koalisi partai yang berkuasa di Jepang mengundurkan diri dari parlemen pada Senin (1/2) setelah membuat marah publik karena mengunjungi bar Nyonya Rumah di Tokyo.

Kiyohiko Toyama mendatangi bar itu di tengah seruan Pemerintah untuk menghindari acara yang tidak perlu selama pemberlakuan status keadaan darurat untuk mengendalikan penyebaran Virus Corona.

Dikutip dari Kyodo News, mantan penjabat sekretaris jenderal Komeito, mitra koalisi junior Partai Demokrat Liberal (LDP), telah mengaku mengunjungi bar nyonya rumah di distrik Ginza yang mewah di Tokyo hingga larut malam pada 22 Januari.

Baca Juga: Kudeta Militer di Myanmar, Jepang Tak Berencana Pulangkan Warganya

Kunjungan tersebut sontak memicu protes dari masyarakat, yang telah diminta untuk menahan diri terutama dari tamasya di malam hari di bawah keadaan darurat yang berlaku di ibu kota dan daerah lainnya.

Kunjungan serupa baru-baru ini di bar Nyonya Rumah Ginza juga dilakukan oleh Jun Matsumoto, mantan penjabat ketua Komite Urusan Diet LDP.

Kejadian ini telah memberi amunisi kepada kelompok oposisi untuk menyerang pemerintahan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga.

Jun Matsumoto dan dua anggota parlemen lainnya yang menemaninya ke bar, Takashi Otsuka, seorang eksekutif dari komite pengarah majelis rendah, dan wakil menteri pendidikan senior Taido Tanose, diminta untuk mengundurkan diri dari LDP karena masalah tersebut.

Baca Juga: Profil I Wayan Toma Nakamura, Peserta Produce 101 Jepang yang Berasal dari Bali

Kepada wartawan Taido Tanose mengatakan, PM Suga telah memecat Tanose dari jabatan wakil menteri senior setelah mengkritik kunjungannya ke bar sebagai sesuatu yang tidak pantas.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x