Kompas TV video cerita indonesia

Berencana Memelihara Kucing? Wajib Persiapkan 7 Hal Berikut

Kompas.tv - 1 Februari 2021, 17:12 WIB
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV – Kucing jadi salah satu hewan peliharaan yang jadi kegemaran banyak orang. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan membuat orang-orang tertarik untuk memelihara satwa yang satu ini.

Seperti merawat anak manusia, memelihara kucing juga perlu persiapan yang berkaitan dengan kebutuhan kucing untuk hidup. Bagi Anda yang berencana memelihara kucing untuk pertama kali, berikut tujuh hal yang perlu dipersiapkan untuk merawat kucing:  

1. Daftar belanja kebutuhan

Sebelum memelihara kucing, pastikan Anda sudah belanja keperluan dasar untuk kucing seperti makanan kucing, kotak atau bak pasir, makanan, mangkuk makanan dan air, mainan, alat perawatan, tas untuk membawa kucing saat bepergian, dan tempat tidur.

2. Ruangan yang aman

Ruangan yang cukup untuk bergerak dan tempat tidur yang nyaman, bisa membantu kucing merasa aman dan beradaptasi dengan ‘rumah’ barunya secara lebih baik.

3. Pergi ke dokter hewan

Saat mengunjungi dokter hewan, konsultasikan kesehatan kucing dengan dokter hewan terkait. Pertimbangkan juga untuk memberikan vaksin kucing seperti Feline Immunodeficiency Virus (FIV) dan Feline Leukemia Virus (FeLV) untuk kesehatannya.

4. Makanan kucing

Bekali diri dengan pengetahuan tentang kebutuhan air dan makanan kucing berdasarkan usianya. Memilih makanan yang tepat dapat menjaga kesehatan dan kesejahteraan usia kucing Anda.

5. Alat penggaruk kucing

Kucing memiliki kebiasaan menggaruk dengan cakarnya. Sediakan penggaruk sederhana dari karton, atau alat penggaruk yang dapat melindungi perabotan rumah dari goresan cakar kucing.

6. Alat perawatan kucing

Sisir untuk merapikan rambut kucing dan pemotong kuku khusus perlu dipersiapkan agar kucing Anda tetap terjaga penampilannya.

7. Ajak kucing bermain

Benda-benda di rumah seperti karton atau tali paper bag bisa digunakan sebagai mainan kucing sederhana. Pastikan juga mainan tersebut aman dan tidak tertelan oleh kucing Anda.(*)

Motion Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x