Kompas TV bisnis perbankan

Resmikan Bank Syariah Indonesia, Ini 4 Pesan Jokowi

Kompas.tv - 1 Februari 2021, 15:15 WIB
resmikan-bank-syariah-indonesia-ini-4-pesan-jokowi
Tangkapan layar video YouTube saat Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat kepada Nahdlatul Ulama (NU) di peringatan Hari Lahir (harlah) ke-95. (Sumber: Channel YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Jokowi meresmikan berdirinya PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) yang merupakan gabungan dari tiga bank Syariah. Yaitu Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.

Jokowi pun memberikan empat pesan penting yang menjadi harapannya kepada BSI. Pertama, Jokowi berharap BSI bisa menjadi bank syariah yang universal atau inklusif, yang menyambut naik siapa pun yang ingin menjadi nasabah.

Baca Juga: 3 Bank Syariah BUMN Merger, Ini Yang Perlu Dilakukan Nasabah

"Jadi jangan berpikir Bank Syariah Indonesia ini hanya untuk umat muslim saja ya. Non-muslim pun juga harus diterima dan disambut baik menjadi nasabah," kata Jokowi dalam acara peresmian yang disiarkan lewat akun YouTube SetPres (01/02/2021).

Kedua, BSI harus memaksimalkan penggunaan teknologi digital, agar bisa menjangkau masyarakat yang selama ini belum tersentuh layanan perbankan.

Ketiga, Bank Syariah Indonesia harus bisa menarik minat generasi milenial untuk menjadi nasabah.

Baca Juga: Analis: Efek Dari Hasil Merger Bank Syariah Bisa Terlihat Setelah Satu - Dua Tahun

"Karena jumlah generasi muda milenial Indonesia saat ini mencapai 25,87% dari total 270 juta penduduk. Ini jumlah yang sangat besar, " terang Jokowi.

Terakhir, Jokowi ingin BSI ini bisa memenuhi kebutuhan berbagai segmen konsumen. Mulai dari ritel, UMKM, sampai korporasi. Serta mampu memfasilitasi nasabah agar cepat naik kelas dan menjadi tulang punggung ekonomi negara.

Baca Juga: Rencana Bangun Bank Syariah Sendiri, Muhammadiyah Akan Fokus UMKM

BSI memang menjadi salah instrumen yang Alan diandalkan pemerintah, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.

Per Desember 2020, gabungan dari tiga bank Syariah BUMN ini memiliki total aset Rp 240 triliun, total pembiayaan Rp 157 triliun, total dana pihak ketiga mencapai Rp 210 triliun, serta total modal inti sebesar Rp 22,6 triliun rupiah.

BSI juga memiliki lebih dari 1200 kantor cabang dan 20 ribu karyawan di seluruh Indonesia.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x