Kompas TV internasional kompas dunia

Qatar Janjikan Bantuan 360 Juta Dollar AS Untuk Rakyat Gaza Palestina

Kompas.tv - 1 Februari 2021, 05:05 WIB
qatar-janjikan-bantuan-360-juta-dollar-as-untuk-rakyat-gaza-palestina
Suasana Doha, Qatar. Pemerintah Qatar hari Minggu (31/01/2021) menyatakan akan memberi bantuan 360 juta dollar bagi masyarakat Jalur Gaza, Palestina tahun ini, memperbarui program sebelumnya yang berhasil menekan bentrokan antara Israel dan kelompok Hamas yang memerintah di Jalur Gaza (Sumber: Shutterstock/Gordon Bell)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JALUR GAZA, KOMPAS.TV - Pemerintah Qatar hari Minggu (31/01/2021) menyatakan akan memberi bantuan 360 juta dollar bagi masyarakat Jalur Gaza, Palestina tahun ini, memperbarui program sebelumnya yang berhasil menekan bentrokan antara Israel dan kelompok Hamas yang memerintah di Jalur Gaza. 

Associated Press hari Minggu (31/01/2021) melaporkan, Qatar yang kaya dari minyak bumi sejak tahun 2018 memberi bantuan kepada masyarakat Jalur Gaza sebesar 20 juta dollar setiap bulan. 

Bantuan tersebut selama ini digunakan untuk membiayai suplai listrik, gaji pegawai pemerintahan Hamas, dan uang saku senilai 100 dollar AS setiap bulan bagi keluarga miskin di Jalur Gaza.

Baca Juga: Negara-negara Arab Tandatangani Deklarasi untuk Pulihkan Hubungan dengan Qatar

Selain itu Qatar membiayai berbagai proyek pembangunan di Gaza seperti pembangunan jalan baru dan rumah sakit.

Israel dan Hamas selama ini adalah musuh bebuyutan dan sudah tiga kali perang sejak kelompok garis keras Hamas ini mengambil alih Gaza tahun 2007 menyusul kemenangan mereka dalam pemilihan umum. 

Ekonomi Gaza hancur lebur akibat peperangan, diperparah oleh blokade Israel serta perseteruan Hamas dengan Otoritas Palestina.

Baca Juga: Arab Saudi Cabut Embargo Atas Qatar, Buka Kembali Perbatasan Darat dan Wilayah Udara

Bantuan Qatar yang diberikan berdasarkan persetujuan pemerintahan pendudukan Israel selama ini menyediakan suntikan bagi ekonomi stempat dan dilihat sebagai faktor penentu, mencegah makin parahnya ketegangan antara Israel dan Hamas yang dapat berujung pada pertempuran baru. 

Pengumuman pemerintah Qatar ini muncul saat Otoritas Palestina dan Hamas berupaya melaksanakan pemilihan umum di seluruh wilayah pendudukan Palestina, dengan harapan pemilu nanti akan menjadi langkah maju menuju rekonsiliasi antara keduanya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x