Kompas TV bisnis kompas bisnis

Sempat Terancam Bangkrut, Saham Sepatu Boot Dr. Martens Senilai 5 Milyar Dolar AS Akan Go Public

Kompas.tv - 31 Januari 2021, 06:00 WIB
sempat-terancam-bangkrut-saham-sepatu-boot-dr-martens-senilai-5-milyar-dolar-as-akan-go-public
Sepasang sepatu boot Dr. Martens tipe 1460 yang didesain oleh Michael & Hushi ikut dipamerkan dalam sebuah pameran Dr. Martens di New York, AS. Foto diambil pada 23 April 2003. (Sumber: AP Photo / Joe Kohen)
Penulis : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV – Ada kabar gembira buat para penggemar sepatu boot Dr. Martens atau kerap juga disebut DocMart. Mulai Rabu (3/2) depan, perusahaan pembuat sepatu boot berbantalan udara dengan jahitan khas berwarna kuning itu akan menjual sahamnya ke publik.  Diperkirakan bernilai 5 milyar dolar Amerika Serikat (AS), saham perusahaan Dr. Martens akan berada dalam daftar Bursa Efek London untuk kali pertama pada pekan depan.

Saham Dr. Martens akan dijual ke publik mulai Rabu (3/2) dengan harga jual senilai sekitar 3,7 milyar Pounsterling atau sekitar 5 milyar dolar AS. Sekitar 35% dari nilai tersebut akan tersedia bagi para investor untuk dibeli dan dijual.

“Transformasi Dr. Martens yang berhasil merupakan kisah yang hebat, dan yang lebih menggembirakan lagi adalah adanya potensi besar yang menanti,” ujar Direktur Eksekutif Dr. Martens Kenny Wilson seperti dikutip dari Associated Press.

Baca Juga: Begini Gaya Ridwan Kamil Tawarkan Sepatu Produk UMKM dari Kulit Ceker Ayam

Perusahaan pembuat alas kaki ini bermaksud menggunakan hasil penjualan saham untuk mengembangkan merk, yang kini dimiliki oleh perusahaan ekuitas swasta Permira.

Sepatu boot Dr. Martens terjual sekitar 11 juta pasang di lebih dari 60 negara di seluruh dunia tiap tahunnya. Perusahaan masih melihat adanya potensi peluang untuk pengembangan.

Lahir pasca Perang Dunia ke-2, sepatu boot Dr. Martens telah menjadi simbol pemberontakan kaum muda. Sepatu boot Dr. Martens berawal dari Munich pasca perang di tahun 1945, saat Dr. Klaus Maertens, seorang tentara Jerman berusia 25 tahun, tengah dalam masa penyembuhan dari patah kaki yang dialaminya. Mencari alternatif selain sepatu boot tradisional bersol kulit yang kaku, Dr. Maertens kemudian menciptakan sepatu boot berbantalan udara. Ia kemudian menunjukkan karyanya pada seorang teman lamanya yang seorang teknisi mesin, Dr. Herbert Funk.

Baca Juga: Pertandingan Sepakbola Dihentikan Karena Anjing Membawa Lari Sepatu Sepakbola

Memanfaatkan material militer yang tidak terpakai, dua tahun kemudian keduanya memproduksi sepatu baru mereka. Meski pembeli awal mereka kebanyakan adalah para perempuan yang berusia lebih tua, dalam jangka waktu 10 tahun, bisnis mereka berkembang pesat.

Pada 1960, perusahaan Inggris Griggs membeli lisensi eksklusif sepatu tersebut. Griggs membuat beberapa penyesuaian yang hingga kini masih ada, termasuk jahitan berwarna kuning di sekeliling sepatu. Peluncuran sepatu boot Dr. Martens 1460 berlubang delapan terjadi bersamaan dengan gerakan transformasi budaya radikal kaum muda.  

Baca Juga: Sepatu Keren Berbahan Limbah Kulit Ceker Ayam

Mulai dari era musik Swing di tahun 60-an, dunia musik glam dan punk rock di tahun 70-an hingga Britpop di tahun 90-an, sepatu boot Dr. Martens berjaya dan digunakan oleh beragam kelompok di seluruh dunia. Karena kenyamanan yang ditawarkannya, sepatu boot ini juga populer di kalangan para pekerja pabrik.

Dr. Martens mulai kehilangan pamornya pada sekitar pergantian abad dan perusahaan pembuatnya terancam bangkrut, sebelum kemudian dunia fesyen kembali mempopulerkan penggunaan sepatu boot ini.

Dan mulai Rabu pekan depan, para penggemar Dr. Martens kini bisa melakukan lebih dari sekedar mengenakan sepatu boot terkenal ini: ikut membeli sahamnya!




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x