Kompas TV internasional kompas dunia

Lolos dari Holocaust, Sembuh dari Covid-19, Kisah Luar Biasa Nenek 97 Tahun

Kompas.tv - 29 Januari 2021, 16:55 WIB
lolos-dari-holocaust-sembuh-dari-covid-19-kisah-luar-biasa-nenek-97-tahun
Lily Ebert, nenek berusia 97 tahun yang selamat dari Holocaust dan penyakit Covid-19 (Sumber: Twitter/@DovForman)
Penulis : Ahmad Zuhad

LONDON, KOMPAS.TV - Kisah seorang nenek berusia 97 tahun ini sungguh luar biasa. Lily Ebert, nama sang nenek tersebut, bukan saja pernah menjadi penyintas Holocaust, tetapi juga berhasil sembuh dari Covid-19.

Kisah Ebert dicuitkan di Twitter oleh sang cicit yang bernama Dov Forman pada Kamis (21/1/2021) lalu. Dalam cuitan tersebut, Forman menuliskan:

“Nenek buyut saya yang berusia 97 tahun, Lily Ebert BEM - Penyintas Auschwitz, baru saja pulih dari Covid-19. Hari ini untuk pertama kali dia jalan keluar setelah sebulan sembuh secara ajaib.”

Dilansir NBC News, kisah Ebert dimulai sejak Forman dan ayahnya positif Covid-19 pada April 2020 lalu. Ebert tidak pernah ikut tertular dan selalu sehat, setidaknya sampai bulan Desember. 

Baca Juga: Satgas Covid-19: GeNose Hanya Berfungsi untuk Screening Bukan Diagnosis

Ebert justru mulai merasa sakit sejak beberapa minggu usai menerima dosis pertama vaksin Covid-19 pada 17 Desember. Ia mengatakan:

"Saya sangat lelah, sangat mengantuk. Saya benar-benar tidak tahu apa yang terjadi, tapi saya merasa sangat terpuruk. Anda tidak bisa berbuat apa-apa. Ini mengerikan," ucap Ebert.

Forman selaku sang cicit menyebut nenek buyutnya itu dinyatakan positif Covid-19 pada Januari dan menghabiskan tiga minggu di rumah untuk memulihkan diri. 

Sepanjang waktu itu, lanjut Forman, dokter selalu melakukan kunjungan harian ke rumah mereka di London untuk memastikan Ebert meminum semua obat yang diperlukan.

Forman mengaku keluarganya memang tak ingin Ebert dirawat di rumah sakit. Mereka takut ia tak akan kembali lagi. Dengan dirawat di rumah, seluruh keluarganya bisa tetap melihat Ebert sejak keadaannya kritis, hingga akhirnya pulih. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x